1001 Manfaat Kemiri Yang Wajib Diketahui

manfaat kemiri

Img Source : Vemale.com

Aleurites Moluccana atau lazim dikenal dengan nama kemiri adalah nama tumbuhan yang kabarnya masih berkerabat dengan singkong karena sama-sama dikelompokkan dalam suku euphorbiaceae. Tanaman ini memiliki buah dengan biji yang juga dikenal dengan nama Kemiri. Di Inggris dan Negara berbahasa Inggris lainnya, kemiri lazim dikenal dengan nama Candleberry, Candlenut dan atau Indian Walnut. Asal tanaman ini tidak diketahui secara pasti. Namun jika didasarkan pada persebaran tumbuhnya, saat ini kemiri bisa dijumpai hampir di seluruh belahan dunia. Di Indonesia, kemiri sendiri cukup populer sebab merupakan bagian dari budaya kuliner kita. Nama kemiri di Indonesia juga cukup beragam antara lain gambiri, hambiri, kemili, kemiling, buah kareh dan masih banyak lagi lainnya. Manfaat kemiri sesungguhnya tak hanya sebatas bumbu masakan tetapi juga untuk kesehatan dan perawatan kecantikan. Kompleksitas kandungan senyawanya memang menjadikan biji kemiri cukup istimewa.

Mengurai Senyawa Penyusun Kemiri

Sebelum membahas manfaat kemiri, tak ada salahnya mengenal senyawa yang terkandung di dalamnya. Pada dasarnya, senyawa yang ada di dalam kemiri adalah asam linoleat, asam oleostearat, stearat, asam minyak, protein, palmitat, miristat, vitamin B1, zat lemak dan masih banyak lagi lainnya. Jika digeneralisir, sebagian besar kandungan kemiri memang minyak. Tapi minyak yang sehat karena itu beberapa penelitian menyatakan bahwa dengan mengkonsumsi kemiri secara rutin justru bisa menurunkan lemak jahat di dalam tubuh.

Penyubur Rambut Hingga Saus Makanan

Manfaat kemiri termasuk kompleks. Tak hanya untuk melawan kolesterol, kemiri juga bisa diaplikasikan pada rambut Anda. Fungsinya selain menguatkan dan menyuburkan, juga ternyata bisa melawan kerontokan rambut! Caranya cukup mudah. Siapkan 40 gram daun lidah buaya yang telah dikupas, kemudian tambahkan 20 gram daun mangkokan yang telah dihaluskan. Selanjutnya, tambahkan minyak kemiri yang telah dihangatkan. Lalu oleskan pada rambut dan pijat perlahan. Diamkan selama 20 menit dan bilas dengan bersih.

Manfaat kemiri lainnya adalah sebagai penambah cita rasa masakan. Di Indonesia dan juga Malaysia, kemiri lazim dikonsumsi sebagai saus kental yang diracik bersama bumbu lainnya. Saus ini dinikmati bersama sayuran dan juga nasi. Rasanya nikmat dan tentu sehat. Selain sebagai bumbu, minyak kemiri juga bisa digunakan untuk memasak dan istimewanya minyak ini rendah kolesterol. Manfaat kemiri lainnya adalah untuk menghalau penyakit demam pada anak. Caranya, ambilminyak kemiri dan tambahkan dengan 15 gram akar pulutan. Selanjutnya rebus dengan air secukupnya sampai mendidih. Minumkan ramuan tersebut pada anak Anda.

Masih ada beragam manfaat kemiri lainnya. Dan tak hanya bagian buah saja, ternyata bagian lain seperti batang, daun dan juga getah pohon kemiri juga berkhasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Terkait biji kemiri, jangan pernah mengkonsumsi secara langsung bagian tersebut. Sebab dalam keadaan mentah, biji kemiri mengandung racun yang bisa membahayakan kesehatan Anda. Untuk menggunakan biji kemiri tersebut, Anda dianjurkan membakar atau mengsangrainya terlebih dahulu.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie