5 Tips Cara Sehat Memasak Makanan

cara sehat memasak

Banyak dari kita memiliki hobi memasak, namun seringkali kita tidak mempedulikan makanan yang dimasak itu sehat atau tidak. Tujuan kita hanya terfokus untuk membuat makanan yang terasa lezat di lidah saja. Padahal kesehatan sangat dipengaruhi oleh faktor makanan yang masuk ke tubuh kita. Lalu bagaimana cara memasak makanan yang sehat? Berikut kumpulan tips memasak yang benar dan sehat:

1. Gunakan wajan teflon atau anti lengket

Dengan menggunakan wajan anti lengket, Anda bisa memasak dengan menggunakan sedikit atau bahkan tanpa minyak dan mentega sama sekali. Untuk lebih baik lagi jika Anda memakai panci bertekanan (pressure cooker) untuk menghemat waktu memasak sehingga gizi tidak banyak yang hilang selama proses memasak.

2. Bijaksana menggunakan minyak goreng

Ada beragam minyak goreng di pasaran. Di Indonesia untuk menggoreng dengan minyak saat ini didominasi penggunaan minyak kelapa sawit sebagai media penggorengan. Jangan menggunakan minyak zaitun dsbnya yang bukan termasuk minyak untuk menggoreng karena justru bisa membahayakan. Pakailah minyak goreng sekali atau dua kali saja, jangan menggunakan minyak yang sudah berbusa, tengik atau menghitam.

3. Mengukus sayuran

Kebanyakan dari kita lebih sering merebus sayuran daripada mengukusnya. Proses merebus yang lama dapat merusak kandungan gizi dalam sayuran. Memang sebetulnya tidak membahayakan, namun jika Anda ingin mendapatkan manfaat yang lebih bagi kesehatan Anda maka kukuslah sayuran Anda! Dengan mengukus sayur-sayuran, akan menjaga agar kandungan gizinya tetap utuh. Proses merebus dapat menghancurkan kandungan gizinya.

4. Memanggang menggunakan aluminium foil

Selain bisa tanpa mentega dan meratakan hasil panggangan, dengan menggunakan aluminium foil maka makanan Anda akan bebas dari sisa pembakaran. Aluminium foil juga dapat digunakan untuk mengukus makanan. Dengan menghindari sentuhan makanan dengan air maka kandungan gizi dalam makanan akan dapat dipertahankan.

5. ‘Menyehatkan’ makanan kaleng dan instan

Makanan instan dan kaleng memang praktis, namun kandungan sodiumnya sangat tinggi sehingga dapat membahayakan tekanan darah Anda. Untuk itu sebaiknya kita merendam dan meniriskan makanan dengan air untuk mengurangi kandungan sodiumnya. Ganti bumbunya dengan bumbu dapur yang sehat dan alami. Bumbu dan rempah-rempah alami sangat baik untuk menambah gizi, warna, rasa dan aroma pada masakan tanpa menambahkan garam, minyak atau kaldu yang berlemak.

 

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie