Beberapa Manfaat Coklat Bagi Kesehatan

manfaat coklat bagi kesehatan

img source : marksdailyapple.com

Siapa sih yang tidak suka coklat? Hampir semua orang suka coklat mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sekalipun. Belakangan ini kebiasaan makan coklat menjadi lebih populer karena lebih banyak studi yang mengungkapkan bahwa makan coklat secara rutin terbukti bermanfaat bagi kesehatan kita. Berikut ini beberapa manfaat coklat bagi kesehatan :

1. Membuat Anda lebih bahagia
Coklat diketahui mengandung triptofan, yaitu asam amino yang diperlukan tubuh untuk produksi serotonin yang lebih dikenal sebagai “hormon bahagia”. Zat ini dianggap sebagai anti-depresan alami. Menurut penelitian, depresi dapat menyebabkan penambahan berat badan karena ketika depresi sebagian besar penderitanya lebih cenderung mengkonsumsi makanan bertepung dalam jumlah besar. Jadi suatu saat ketika Anda merasa sedih dan rendah diri, ambil sebatang coklat dan anda akan menemukan diri Anda menjadi lebih tenang dalam menghadapi masalah.

2. Mengurangi resiko serangan jantung
Ketika dimakan dalam jumlah yang sesuai takaran, coklat dapat mengurangi risiko serangan jantung. Hal ini tidak terlepas dari adanya kandungan fenol dan catechin. Fenol adalah zat yang juga hadir dalam anggur merah, teh, dan beberapa buah-buahan dan sayuran. Catechin, di sisi lainnya, adalah antioksidan yang juga mengurangi risiko kanker Anda.

3. Pereda nyeri alami
Ketika kita makan coklat, otak kita menghasilkan zat kimia yang disebut endorfin opiod. Zat ini memiliki fungsi tidak hanya meningkatkan mood seseorang, tetapi juga dapat mengurangi rasa sakit seseorang.

4. Mengurangi Kolesterol Jahat
Dark chocolate dapat mengurangi LDL atau ‘kolesterol jahat’ dalam jumlah yang signifikan. Hal ini karena Dark chocolate atau coklat hitam, mengandung HDL (kolesterol baik) dalam jumlah yang cukup banyak. Seperti yang kita tahu, asupan HDL mampu menguraikan lemak jahat yang ada di dalam tubuh kita.

5. Mengurangi tekanan darah
Selain mengurangi kolesterol jahat, berdasarkan penelitian coklat juga dapat mengurangi tekanan darah seseorang. Coklat merangsang pelepasan oksida nitrat yang melebar dan melemaskan pembuluh darah.

6. Memperlancar peredaran darah
Penelitian mengatakan bahwa minuman coklat hangat dapat mensimulasikan efek aspirin dosis rendah. Efek yang dihasilkan adalah mengurangi kemampuan darah untuk membeku dan karenanya, mengurangi risiko stroke.

Manfaat coklat bagi kesehatan memang telah diketahui secara luas. Tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi coklat selama dalam batas yang wajar. Seperti yang kita tahu kebanyakan coklat yang beredar adalah milk coklat yang memiliki kalori sangat tinggi sehingga apabila terlalu banyak dikonsumsi akan menyebabkan masalah pada berat badan.

Share This Post

Recent Articles

One Response to “Beberapa Manfaat Coklat Bagi Kesehatan”

  1. iseng says:

    wah ternyata ada manfaatnya ya…nice info gan

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie