Beberapa Penyebab Kebotakan

Penyebab KebotakanRambut merupakan mahkota yang melengkapi penampilan, tak hanya bagi wanita tetapi juga pria. Rambut selalu identik dengan usia. Seseorang yang mengalami kebotakan dianggap telah berumur meskipun pada faktanya, kebotakan juga bisa menyerang manusia berumur belasan tahun. Penyebab kebotakan cukup beragam, mulai dari tekanan jiwa sampai alasan kesehatan fisik bisa mempengaruhi pertumbuhan rambut. Sampai saat ini, kebotakan masih menjadi momok yang menakutkan sebab solusi pastinya masih diperdebatkan.

Kebotakan dalam dunia medis dikenal dengan istilah alopesia. Kebotakan merupakan kondisi dimana seseorang kehilangan rambut, baik itu sebagian ataupun seluruh bagian rambut. Kebotakan sendiri memiliki pola yang berbeda antara wanita dan pria. Pada pria, kebotakan umumnya disebabkan produksi hormone testoteron serta faktor genetis. untuk genetis sendiri, kebotakan tidak disebabkan karena rontoknya helai rambut dari kepala, tetapi lebih kepada gagalnya rambut baru menggantikan rambut yang telah gugur.

Menghindari Penyebab Kebotakan

Kebotakan merupakan gejala medis yang juga memiliki pemicu. Secara umum penyebab kebotakan bisa berupa faktor genetik, penuaan secara alamiah, kehamilan pada wanita, perubahan jumlah hormonal dalam tubuh, demam yang menyerang tubuh, pola diet yang menyebabkan terganggunya penyerapan gizi, sedang menjalani pengobatan tertentu seperti kemoterapy, akibat luka bakar, tinea kapitis, trikotilomania dan masih banyak lagi lainnya.

Penyebab kebotakan pada pria cenderung berbeda. Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa pada pria, kebotakan lebih ditentukan oleh faktor hormonal. Sedangkan pada wanita, penyebabnya cukup variatif. Mulai dari stress berlebihan sampai pada perilaku tak sehat bagi rambut. Perilaku ini biasanya terkait dengan unsur kecantikan seperti catok, pewarnaan dan semacamnya.

Pencegahan diri dari kebotakan bisa dilakukan. Cara sederhana yang bisa ditempuh adalah dengan memperhatikan asupan gizi agar selalu seimbang, jangan menggunakan pengering rambut sebab rambut yang mengering secara alami akan jauh lebih kuat, hindari perlakuan seperti menggosok, memelintir apalagi menarik rambut Anda, minumlah suplemen penguat rambut jika dibutuhkan, cara terakhir adalah sering berkonsultasi pada doketer kepercaayan Anda.

Pengobatan Kebotakan

Jika sudah terlanjur terjadi, maka penanganan yang bisa dilakukan terhadap kebotakan antara lain : mengkonsumsi dan menggunakan obat-obatan. Jenis obat untuk kerontokan sepeti Finasteride serta Monixidil. Finasterida bekerja dari dalam dan menghambat hormone yang menyebabkan kerontokan. Sementara Minoxidil bekerja dari luar dan berupa obat yang dioles langsung pada kulit kepala. Cara kerja minoxidil adalah dengan memperlambat kerontokan rambut.

Prosedur medis lain yang bisa ditempuh untuk mengatasi kebotakan adalah cangkok rambut. Caranya, adalah memindahkan rambut di bagian kepala lain yang masih tumbuh dan mencagkokkannya ke bagian kepala yang mengalami kebotakan. Meskipun tingkat keberhasilannya cukup baik, namun sayangnya prosedur ini memakan biaya yang tak sedikit.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie