Beragam Keuntungan di Reksa Dana Syariah

keuntungan reksa dana syariahDibandingkan sistem konvensional, keuntungan reksa dana syariah yang dihasilkan pemilik modal umumnya lebih tinggi dan terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Baik itu dari jenis investasi pendapatan tetap maupun jenis campuran. Kondisi ini disebabkan karena pada reksa dana konvensional memiliki resiko penurunan nilai unit penyertaan (UP) yang lebih tinggi daripada reksa dana syariah. Namun demikian, yang harus tetap diingat adalah sebagai suatu produk investasi, reksa dana syariah juga tidak luput bila sewaktu-waktu akan mengalami kerugian.

Oleh sebab itu, sebelum menjatuhkan pilihan pemilik modal harus bersikap hati-hati dalam mengambil sebuah keputusan. Beberapa hal yang harus diperhatikan antara lain meneliti terlebih dahulu beragam produk investasi yang ditawarkan, kemampuan manajer Investasi dalam mengelola dana, kriteria produk, dan biaya-biaya yang dibebankan (contohnya, biaya pembelian dan penjualan kembali, imbalan jasa manajer investasi, dan imbalan jasa kustodian). Dengan pengambilan suatu keputusan yang tepat berdasarkan analisa dan penelitan sebelumnya, diharapkan keuntungan reksa dana syariah dapat diraih dengan maksimal.

Berikut ini beberapa keuntungan reksa dana syariah:

1. Membutuhkan modal dan biaya rendah

Investasi melalui reksa dana syariah meski hanya memiliki modal sangat kecil (rendah) sekalipun, tetap akan dikelola secara profesional. Selain itu, biaya transaksi di reksa dana syariah juga sangat rendah jika dibandingkan dengan melakukan transaksi langsung di bursa saham. Hal ini karena biaya transaksi ditanggung bersama oleh para pemegang UP.

2. Beragam akses dan diversifikasi investasi

Dengan adanya beragam akses investasi, reksa dana syariah menjadi pilihan investasi yang efektif dan aman, karena melalui dana kolektif yang terkumpul dapat melakukan investasi pada saham bernilai tinggi. Selain itu, juga tersedia banyak bentuk investasi, seperti saham, obligasi, dan sebagainya.

3. Kemudahan investasi dan transparansi

Kemudahan investasi ini tercermin melalui kemudahan pelayanan dalam pembelianmaupun penjualan kembali UP. Disamping itu, para investor juga dapat melakukan kegiatan reinvestasi sehingga akan menambah jumlah UP.Umumnya pihak reksa dana syariah secara transparansi menyampaikan segala informasi yang berkaitan dengan portofolio, sehingga pemegang UP dapat mengetahui dan memantau keuntungan, biaya, dan resikonya.

4. Likuiditas

Salah satu keuntungan reksa dana syariah terpenting adalah kemudahan dalam berinvestasi, seperti kemudahan mencairkan saham setiap saat sesuai dengan ketetapan dan kebijakan yang telah dibuat masing-masing reksa dana.

5. Jaminan halal

Kebijakan investasi reksa dana syariah adalah berbasis instrumen investasi dengan cara-carapengelolaan yang dilakukan dengan halal. Oleh karena itu, bagi masyarakat muslim yang ingin berinvestasi di reksa dana syariah tidak perlu lagi merasa kuatir terhadap permasalahan yang menyangkut kehalalan. Hal ini karena semuanya telah diatur oleh Dewan Syariah Nasional (DSN) No. 20/DSN-MUI/IV/2001 mengenai kepastian halal berinvestasi di reksa dana syariah.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie