Beragam Manfaat Air Kapur Sirih

Advertisements


air kapur sirih

Img Source : ncc.blogsome.com

Jika Anda familiar dengan budaya mengunyah sirih, Anda pasti sudah mengenal betul seperti apa kapur sirih. Meski disebut dengan kapur sirih, sesungguhnya jenis kapur yang satu ini tidak berasal dari tanaman sirih. Kata “sirih” melekat oleh sebab kapur tersebut lazim digunakan sebagi pelengkap daun sirih dan pinang dalam budaya mengunyah sirih. Pada hakekatnya, sama seperti jenis kapur lainnya, kapur sirih juga berasal dari bebatuan jenis gamping yang diperoleh dari gunung kapur. Meski demikian, jenis batu kapur sirih tidak sama dengan kapur bahan bangunan. Kapur sirih merupakan jenis yang aman untuk dikonsumsi. Manfaat kapur sirih cukup beragam, mulai dari sebagai campuran pinang dan daun sirih hingga pengusir kutil dan kanker pada kulit. Selain itu, dengan mencampurnya dengan air akan diperoleh larutan yang juga memiliki banyak khasiat terutama dalam bidang kuliner. Air kapur sirih sudah lazim digunakan dalam industri makanan sebab secara klinis aman untuk dikonsumsi.

Cara Memperoleh Air kapur Sirih

Sebelum membedah beragam manfaat air kapur sirih, tentu Anda wajib mengetahui cara memperoleh air tersebut. Pada dasarnya proses yang dilakukan cukup mudah. Bahan yang Anda butuhkan tentunya sejumlah kapur sirih dan air bersih. Siapkan pula wadah untuk mencampur kedua bahan ini. Langkah pertama adalah menaruh kapur sirih dalam wadah, bisa mangkuk atau gelas. Selanjutnya, tuangkan sedikit demi sedikit air. Takaran air harus dua kali dari takaran kapur sirih. Jadi jika kapur sebanyak 250 gram, sebaiknya airnya sebanyak 500ml. Setelah air dituang, aduklah hingga benar-benar merata, Jangan sampai ada bubuk kapur sirih yang menggumpal. Setelah itu diamkan campuran air dan kapur sirih tersebit hingga beberapa waktu. Biasanya dalam jangka waktu kurang lebih 30 menit akan tercipta endapan kapur. Endapat tersebut mengumpul di lapisan paling bawah wadah. Sementara itu, lapisan atas adalah air. Lapisan atas tersebutlah yang disebut dengan air kapur sirih. Jika Anda menginginkan kualitas air yang lebih bening dan bersih, sebaiknya diamkan sampai sehari semalam. Dengan demikian, kuliner yang Anda akan racik terbebas dari rasa pahit dan getir khas kapur sirih.

Membuat Makanan Lebih Nikmat

Manfaat air kapur sirih cukup beragam. Dalam dunia kuliner, air ini sering digunakan sebagai bahan yang membuat makanan lebih garing. Untuk keripik, Anda bisa membuatnya lebih istimewa dengan cara merendamnya dengan air kapur sirih. Sementara itu, agar gorengan lebihnikmat, Anda bisa menambahkan beberapa sendok makan air kapur sirih pada adonan terigu gorengan tersebut. Dengan demikian, terigu akan lebih garing dan gurih. Selain itu, air kapur sirih juga populer digunakan orang-orang untuk merendam buah yang akan digunakan sebagai bahan es campur atau sup buah pun manisan buah. Dengan merendam buah di air kapur sirih akan membuat permukaan buah jauh lebih keras dan sedikit garing saat dimakan. Selain itu, untuk membuat adonan makanan lebih keset dan kental, mislanya kuliner seperti klepon, Anda bisa menambahkan beberapa sendok air kapur sirih.

Selain dalam bidang kuliner, ternyata air kapur sirih juga bermanfaat dalam bidang pengobatan. Misalnya saja penyakit diare. Penyakit ini bisa diatasi dengan meminum air rebusan potongan kunyit bersih yang ditambah dengan 1 sendok air kapur sirih. Minum ramuan ini sebanyak 3 kali dalam sehari hingga diare lenyap.  Selain penyakit, air kapur sirih juga ampuh mengobati luka bakar di kulit. Caranya cukup mudah, Campurkan sejumput air kapur sirih dengan bubuk kunyit dan air kelapa. Takarannya semua seimbang agar terbentuk pasta yang digunakan untuk membaluri luka bakar.

Advertisements


Share This Post

Recent Articles

One Response to “Beragam Manfaat Air Kapur Sirih”

  1. Umi Rana says:

    Wah, pa info yang sangat berguna. Saya sedang cari2 artikel tentang cara bikin rempeyek bayam, kira2 kalau pakai sirih bisa gak ya? Kalau bisa, mungkin bisa juga di aplikasikan dengan rempeyek daun pohon tin ya. Siapa tahu sdh ada yang membuatnya bisa sharing. Trims

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close