Beragam Manfaat Daun Kelor

Manfaat Daun KelorKelor merupakan jenis tanaman sayuran yang mudah tumbuh di daerah tropis. Perawatannya pun tidak membutuhkan perhatian khusus layaknya tumbuhan lainnya. Kedua hal ini yang membuat kelor mudah dijumpai di mana-mana terutama di pekarangan rumah penduduk. Daun kelor pada mulanya hanya dikenal sebagai bahan sayuran pelengkap makanan. Namun, penelitian beberapa ahli gizi membuka mata banyak orang. Secara klinis, manfaat daun kelor cukup beragam khususnya bagi kesehatan manusia.

Pohon Ajaib

Dahulu, manfaat utama daun kelor tentu sebagai sayuran pendamping makanan utama. Sedangkan dewasa ini, daun kelor tak hanya dimanfaatkan sebagai santapan saja, melainkan juga sebagai bahan obat. Oleh peneliti asing, pohon kelor dijuluki “Miracle tree” oleh karena kandungan gizi di dalam daunnya cukup lengkap dibadingkan jenis tanaman sayuran lainnya.

Secara umum, daun kelor atau Moringa Oleifera mengandung berbagai mineral juga sejumlah vitamin termasuk vitamin A. Takaran nutrisinya sekitar 3390 SI vitamin A per 100 gram daun. Zat lain yang dikandungnya berupa arginin, leusin, metionin, valin, pterigosperm dan masih banyak lagi senyawa lainnya. Kayanya kandungan kelor membuat tumbuhan yang satu ini ampuh mengobati beragam penyakit. Jadi tidak heran jika banyak produsen obat herbal yang mejadikannya bahan baku andalan.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan

Zat semacam Valin, secara empiris berfungsi untuk mengurangi gangguan pada saraf otot, mengobati insomnia, mempengaruhi keadaan emosional serta mental. Sementara itu senyawa metionin pada daun kelor juga ampuh menyerap lemak serta kolesterol jahat dalam darah. Metionin secara tidak langsung juga berfungsi memelihara kesehatan hati. Oleh sebab itu, konsumsi daun kelor bermanfaat menurunkan berat badan sembari memelihara kesehatan hati.

Manfaat daun kelor lainnya adalah mengobati penyakit seperti kurap atau herpes serta luka yang telah bernanah. Caranya cukup sederhana. Tumbuk daun kelor sampai halus kemudian langsung balurkan pada luka/kurap secara merata. Penyakit lainnya yang bisa diatasi dengan daun kelor adalah epilepsi, sariawan, sembelit, lemah letih lesu, sakit kuning, pagal linu bahkan rematik. Untuk sederet penyakit ini, cukup rebus akar daun kira-kira dua ruas ibu jari dalam 2 gelas air. Panaskan hingga air susut menjadi satu takaran gelas. Minumlah ramuan tersebut dua kali sehari. Dosisnya cukup seperdua gelas saja sekali minum.

Daun kelor kini banyak dikembangkan dalam dunia pengobatan khususnya jenis herbal. Jika Anda menghendaki manfaat daun kelor namun tidak ingin dibuat repot, bisa langsung  membeli kapsul ekstrak daun kelor. Harganya cukup murah dan tentu khasiatnya sama dengan daun kelor yang biasa Anda petik dari pohonnya. Kapsul daun kelor sendiri bisa didapatkan dengan mudah di toko herbal terdekat dari  kota Anda. Selamat mencoba.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie