Berkenalan dengan Mesin Penggiling Padi

Mesin Penggiling PadiPadi merupakan salah satu jenis pangan yang memegang peran penting khususnya bagi banda Indonesia. Padi yang dioleh menjadi beras merupakan makanan poko masyarakat kita. Konsumsinya pun paling tinggi di antara jenis makanan pokok lainnya. Indonesia, dahulu dikenal sebagai produsen dan eskportir besar terkemuka di Asia. Petani padi kita mampu menghasilkan berton-ton padi meskipun masih menggunakan teknologi sederhana. Saat ini meski kita tak lagi menjadi produsen dan eksportir beras terbaik di Asia, namun melalui program ketahanan pengan, pemerintah kembali menggalakkan peningkatan produksi beras. Salah satu unsur yang diperhatikan adalah teknologi pendukung seperti mesin penggiling padi.

Mesin Penggiling Padi Sederhana : Rubber Roll

Salah satu mesin jenis mesin penggiling padi yang banyak digunakan oleh petani adalah Rubber Roll. Mesin ini memiliki spesifikasi sederhana dan mudah digunakan. Total berat badan mesin sebanyak 1570 mm dengan dimensi badan mesin sekitar 735×600 kilogram. Besaran energi yang digunakan adalah 4 HP. Mesin sederhana ini bisa memproduksi sebanyak 500 kilogram per harinya. Putarannya bisa mencapai 1050 rpm.

Bagian Mesin Serta Fungsi Masing-Masing

Mesin penggiling padi Rubber Roll terdiri dari beberapa bagian dengan kualifikasi fungsi masing-masing. Bagian-bagian tersebut antara lain :

  • Feeding roll yang memiliki fungsi sebagai roll perata.
  • Roll Gap Adjuser yakni bagian dengan fungsi sebagai pengatur jarak rol karet.
  • Shutter, yakni berupa bagian dengan fungsi sebagai katup utama.
  • Satand, berfungsi sebagai penahan.
  • Distributions yakni bagian yang berfungsi sebagai alat pembagi padi ataupun gabah.
  • Wind Adjuster 1 adalah bagian yang berfungsi sebagai penyetel udara.
  • Wind Adjuster 2 merupakan pengatur udara kedua pada mesin penggiling.
  • First Outlet adalah bagian dengan fungsi sebagai saluran utama.
  • Second outlet berfungsi sebagai saluran kedua yang makanisme kerjanya saling berdampingan dengan first outlet.

Prinsip Kerja Mesin Rubber Roll

Mesin penggiling padi jenis rubber roll ini digolongkan ke dalam jenis mesin penggiling padi sederhana. Mekanisme kerjanya dimulai dengan memasukkan padi atau gabah ke dalam corong sekam pada mesin. Setelah itu, aktifkan mesin penggerak serta mesin pemecah kulit sembari sekam dibuka dan tutup dengan menggunakan alat klep penutup. Proses ini (pemecah kukit) dilakukan sebanyak dua kali dan kemudian dilakukan pengayakan satu kali agar diperoleh beras pecah kulit. Proses ini diulang-ulang sampai dihasilkan titik kebersihan butiran beras dari kulit yang diinginkan.

Langkah Merawat Mesin

Rangka mesin ini tidak sepenuhnya berbahan stainless steel yang dikenal awet dan kuat terhadap serangan. Oleh karena itu, perawatan mesin penggiling padi jenis Rubber Roll ini harus dihindarkan dari air agar awet. Usahakan untuk menjauhkan mesin dari jangkauan anak-anak sebab cukup berbahaya dan selalu bersihkan setelah proses pengolahan padi selesai.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie