Cara Kerja Mesin Disel

Cara Kerja Mesin DiselMenurut situs Wikipedia, mesin diesel merupakan mesin dengan sistem pembakaran dalam (internal combustion engine). Mesin ini memicu kompresi dimana bahan bakar dinyalakan oleh suhu yang sangat tinggi. Mesin diesel, berdasarkan catatan sejarah, pertama kali ditemukan pada tahun 1892. Penemunya bernama Rudolf Diesel. Dia mematenkan mesin ciptaannya pada tanggal 23 february 1893. Mesin diesel cukup populer saat awal-awal penemuannya sebab dapat dimanfaatkan di segala bidang dan menghemat tenaga manusia. Mesin diesel ciptaan Rudolf Diesel kemudian disempurnakan lagi oleh seseorang bernama Charles F. Kettering. Salah satu hal yang dioptimalkan adalah cara kerja mesin diesel.

Memahami Prinsip Kerja Mesin Diesel

Mesin diesel pada dasarnya dibagi ke dalam dua varian, yakni dua-tak serta mesin diesel empat-tak. Perbedaan keduanya terletak pada mekanisme kerjanya yang secara detil memiliki alur yang berbeda. Mesin dua-tak dimulai dengan proses masuknya gas yang kemudian dibakar dengan dua kali gerakan piston denga laju naik dan turun disertai satu putaran kru. Sedangkan mesin empat-tak memerlukan empat kali gerakan piston dengan laju naik dan turun kemudian dua kali putaran kruk yakni buka dan tutup.

Cara kerja mesin diesel baik itu mesin empat-tak maupun dua-tak pada dasarnya sama. Mekanisme kerjanya secara umum dengan merubah energi kimia ke dalam bentuk energi mekanik. Energi kimia tersebut didapatkan dari proses reaksi kimia yakni pembakaran solar yang kemudian teroksidasi di udara. Aktifitas pembakaran tersebut terjadi di dalam silinder atau dikenal juga dengan nama ruang bakar.

Hasil pembakaran solar tadi (bahan bakar) akan menghasilkan tekanan gas yang berfungsi untuk mendorong piston ke bawah dan kemudian menghasilkan apa yang disebut tenaga linear. Kemudian batang penghubung atau connecting rod akan menyalurkan gerakan tersbut ke bagian yang dinamai crankshaft. Oleh crankshaft, tenaga linear tadi bakal dirubah menjadi tenaga putar. Pada tahap akhir, tenaga putar tersebutlah yang dimanfaatkan dalam berbagai keperluan manusia.

Tak Bisa Optimal Dalam Cuaca Dingin

Setelah memahami cara kerja mesin diesel, tentu kita bisa menarik kesimpulan bahwa faktor yang paling penting dalam mekanisme kerja tersebut adalah tekana suhu yang tinggi guna menciptakan tekanan gas yang akan menyalakan mesin diesel. Berdasarkan prinsip ini, kita bisa menyimpulkan bahwa cuaca dingin bisa saja melumpuhkan kinerja mesin diesel. Namun permasalahan ini kemudian terjawab dengan digunakannya penyaring bahan bakar serta jalur bahan bakar yang bersifat elektronik.

Kelemahan Dan Kekurangan

Layaknya komponen lainnya, mesin diesel juga memiliki kelebihan sekaligus kekurangan. Kelebihan mesin diesel terletak pada ukurannya yang besar (jika dibandingkan dengan ukuran mesin bensin) sebab konstruksi tersebut diperlukan untuk memperkuat daya tahan dalam tekanan tinggi pada saat proses pembakaran. Konstruksi besar tersebut juga lebih memudahkan para modifikator untuk memodifikasi mesin diesel. Tentu hal ini bisa menekan budget. Namun kelemahan utama mesin diesel adalah adalah kurang optimalnya pengaruh alat bantu turbocharger atau supercharger sebab bahan bakar disuntiklan secara`langsung di ruang bakar atau silinder pada kondisi dimana keadaan kompresi tinggi memicu penyalaan pada pembakaran.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie