Cara Membuat Keripik Talas

keripik talasAkhir-akhir ini bisnis keripik menjadi sebuah bisnis yang memiliki prospek cukup menjanjikan. Bisnis pembuatan keripik banyak dilirik oleh pelaku usaha karena memang sangat mudah untuk dijalankan, modal yang dibutuhkan relative kecil, serta potensi keuntungan yang cukup besar. Meskipun demikian, persaingan di industry pembuatan keripik sudah cukup padat, sehingga apabila kita ingin mencoba untuk bermain di dalamnya diperlukan inovasi baru yang membuat produk kita unik dan memiliki daya saing. Nah, salah satu jenis keripik yang saat ini sedang naik daun tetapi belum banyak pelaku usahanya adalah keripik talas. Keripik talas dinilai banyak kalanga memiliki potensi yang sangat besar karena memang memiliki keunggulan rasanya yang jauh lebih nikmat daripada keripik singkong.

Cara untuk membuat keripik berbahan talas sejatinya tidak terlalu susah. Talas sendiri merupakan sebuah tanaman yang banyak terdapat di sekitar kita, khususnya di daerah pedesaan. Tanaman Talas juga tergolong tanaman yang mudah untuk tumbuh. Penggunaan umbi Talas sebagai bahan makanan dinilai cukup baik karena relative lebih tahan lama dibandingkan jenis umbi lainnya, namun dalam pengolahannya kita harus ekstra hati-hati karena talas memiliki getah. Apabila pengolahan umbi talas tidak maksimal dan masih menyisakan getah, maka akan muncul rasa gatal setelah kita usai mengkonsumsi keripik talas ini nantinya. Selain itu, talas ini juga sangat cocok untuk dijadikan sebuah camilan karena memiliki nilai gizi yang cukup tinggi.

Cara Membuat Keripik Talas

Untuk bahan-bahan yang harus kita sediakan adalah talas, dan jumlahnya tergantung kepada jumlah keripik yang akan kita buat. Selain itu kita juga membutuhkan garam secukupnya, air kapur sirih untuk merendam ubi talas yang telah dipotong-potong, dan juga yang paling penting adalah minyak goreng. Setelah seluruh bahan itu tadi kita sediakan dengan sempurna, berikutnya adalah cara untuk membuat keripik talas itu sebagai berikut.

  • Kupas kulit umbi talas hingga bersih. Basuh umbi talas yang telah dikupas menggunakan air besih untuk menghilangkan getahnya yang masih menempel.
  • Setelah bersih, iris umbi talas tersebut tipis-tipis atau bisa juga diiris menyerupai stik. Ukuran dan juga bentuk irisannya sesuai dengan selera kita, yang penting jangan terlalu besar dan tebal. Jika terlalu tebal umbi tidak akan terasa renyah ketika sudah digoreng.
  • Rendam talas yang sudah di iris itu tadi selama beberapa lama dengan menggunakan air kapur sirih agar getah yang dikandung umbi talas hilang seluruhnya. Setelah seluruh getah sudah dikeluarkan, ganti air rendaman dengan air garam agar keripik talas menjadi lebih gurih.
  • Goreng menggunakan minyak goreng yang telah kita panaskan.
  • Tiriskan keripik talas itu tadi sampai minyaknya turun, setelah itu baru siap untuk kita makan.

Resep di atas merupakan inti dari pembuatan keripik talas. Untuk menambahkan cita rasa, Anda dapat menambahkan beragam bumbu tabur. Beberapa jenis bumbu tabur seperti bumbu tabur dengan rasa pedas, rasa balado, atau rasa keju biasanya memang lazim digunakan dalam pembuatan keripik talas. Anda dapat mengkreasikan sendiri bumbu-bumbu tabur tersebut agar rasa keripik menjadi original, unik, serta laku untuk dijual. Selamat mencoba berbisnis kerpik talas!

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie