Cara Membuat Komposisi Fotografi

Bagi kalian yang ingin berkecimpung secara serius dalam dunia fotografi tidak sesederhana mungkin kalian hanya bisa memotret objek dan dapat dikatakan sebagai seseorang fotografer. Karena banyak hal yang harus dikuasai untuk menjadi fotografer. Salah satunya mengenai komposisi foto. Pada dasarnya komposisi dalam fotografi adalah penyusunan elemen-elemen menjadi satu foto. Elemen –elemen dalam komposisi tersebut terdapat beberapa jenis seperti garis warna, gelap terang, patern dan lain-lainya. Dalam membuat komposisi ini memang cukup sulit dan dibutuhkan konsentrasi penuh. Nah, berikut ini akan dijelaskan hal penting yang harus diperhatikan sebelum membuat komposisi.

teknik komposisi fotografi

1. Subjek Foto atau point of interest

Subjek foto ini sering disebut dengan POI. POI ini merupakan titik awal dari pembuatan komposisi foto tersebut. Karena untuk menentukan komposisi yang bagus kita juga harus menetukan subjek foto yang memadai. Sebenarnya tujuan utama dari pemberian subjek foto ini agar pemirsa yang melihat dapat mudah memahami dari foto yang telah kita dapatkan. Salah satu teknik dalam fotografi untuk menyelesaikan masalah tersebut adalah dengan membuat subjek lebih besar dan menonjol dibanding dengan benda yang lain.

2. Background dan Foreground

Setelah kita menguasai dan memahami tentang subjek foto. Hal yang perlu selanjutnya diperhatikan dalam menyusun komposisi adalah background dan foreground. Akan tetapi, kita juga harus ingat  background dan foreground ini hanya pelengkap saja. Jangan perannya terlalu kuat. Karena bila terlalu kuat subjek gambar akan kalah dan terlihat tidak bagus dan menonjol.

3. Memilih Sudut Pandang

Salah satu teknik penting dalam dunia fotografi untuk membuat komposisi adalah posisi sudut pandang. Karena kita ketahui sendiri sudut pandang yang tepat akan mempengaruhi hasil gambar yang ada sehingga dalam melakukan pemotretan kita harus berpindah tepat agar mendapat angel yang terbaik.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie