Cara Membuat Lilin Aroma Terapi Sendiri di Rumah

Advertisements


Cara Membuat LilinLilin merupakan benda yang mudah kita jumpai di keseharian kita. Tidak hanya berfungsi sebagai penerangan, kini lilin juga banyak digunakan sebagai medium aromatherapy serta benda dengan nilai seni yang tinggi. Jika selama ini kita memperoleh lilin dari toko, maka tak ada salahnya jika kita belajar membuat lilin. Tahukan Anda bahwa ternyata cara membuat lilin aroma terapi cukup sederhana dan bisa dilakukan oleh siapapun dan dimanapun?

Bahan Membuat Lilin

Jika Anda tertarik mencoba membuat lilin dengan aroma, maka bahan yang Anda butuhkan adalah paraffin, pewarna, parfum serta benang kasur. Untuk paraffin, parfum  dan pewarna bisa Anda beli di toko bahan kimia. Jika Anda ingin membuat lilin aromatheraphy, maka Anda bisa mengganti parfum dengan cairan aromatheraphy.

Alat-alat Yang Dibutuhkan

Adapun alat-alat yang dibutuhkan adalah sebagai berikut :

  • Gelas kecil transparan. Gelas ini dibutuhkan bagi mereka yang hendak membuat lilin dengan warna-warna memikat.
  • Panci kecil tempat melelhkan paraffin.
  • Botol bekas selai dengan lubang atas yang cukup besar dan juga berbahan kaca yang tebal hingga tahan panas. Sebelum digunakan, cuci bersih dan pastikan telah kering.
  • Tusuk sate atau lidi dengan panjang yang lebih dari diameter gelas atau wadah yang digunakan. Pastikan panjangnya tidak terlalu berlebih.

Cara Membuat Lilin

  • Langkah pertama adalah ikatlah benang kasur yang telah dipersiapkan pada tusuk sate atau lidi. Kemudian taruhlah tusuk sate tersebut di atas gelas. Kemudian atur sedemikian rupa agar benang yang terikat pada tusuk sate jatuh ke dasar dan tetap berada di tengah gelas.
  • Setelah itu, mulailah memasukkan paraffin ke dalam botol bekas. Kemudian masukkan botol bekas tersebut ke dalam panci. Langkah selanjutnya, isi panci dengan air kira-kira 1/3 dari tinggi panci.
  • Langkah selanjutnya adalah memanaskan panci tapi pastikan apinya berukuran kecil.
  • Aduk perlahan paraffin hingga mencair kemudian tambahkan  pewarna sedikit demi sedikit hingga tone warna yang diinginkan muncul.
  • Selanjutnya, angkat panci tadi dari api dan mulailah mencampurkan cairan aromateraphy atau parfum dengan cairan paraffin tadi. Tak perlu diaduk.
  • Setelah itu, tuang paraffin cair ke dalam gelas yang tadi telah dipersiapkan.
  • Tunggu sampai lilin benar-benar mengeras dan kemudian lepaskan ikatan tali dari tusuk sate.
  • Selamat, lilin aromateraphy Anda telah siap digunakan.

Cara membuat lilin aroma terapi ini cukup mudah untuk diikuti. Sebagai tambahan informasi, Anda bisa membuat tampilan lilin Anda semakin menarik dengan menambahkan varian bahan tertentu. Pilihlah bahan tersebut berdasarkan selera Anda. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat, tentu akan memudahkan Anda untuk membuat sendiri lilin beraroma Anda di rumah. Selamat mecoba.

 

Advertisements


Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close