Cara Membuat Pastel Goreng

Cara Membuat PastelPastel merupakan jenis makanan pastri yang bagian dalamnya bersi campuran bahan-bahan seperti sayur, daging, telur dan semacamnya. Pastel memiliki banyak ragam dan jenis. Ada jenis yang basah dan ada pula yang kering. Jenis yang paling banyak dijumpai adalah pastel kering. Pastel ini dimatangkan dengan cara digoreng sehingga renyah dan nikmat di lidah. Jika Anda penggemar pastel, tak ada salahnya membuatnya dari dapur Anda sendiri. Berikut cara membuat pastel goreng yang sederhana dan bisa Anda terapkan.

Bahan Kulit

Bahan yang digunakan untuk kulit pastel adalah :

  • 200 gram tepung terigu. Anda bisa menggunakan yang Plain Flour merek apa saja.
  • 50 gram tepung tapioca (biasa juga disebut Kanji). Untuk jenis ini, Anda juga bisa menggantinya dengan tepung sagu.
  • 50 ml air bersuhu dingin.
  • 50 gram margarine yang telah leleh.
  • Penyedap rasa dan garam secukupnya.

Bahan Perut/Isi Pastel

Untuk isian pastel, bahan-bahan yang diperlukan antara lain :

  • Wortel yang telah diiris dengan bentuk dadu berukuran kecil.
  • Kentang yang juga diiris kotak-kotak seperti wortel.
  • Soun/bihun yang telah direndam air panas. Jangan lupa potong agar mudah diolah.
  • Telur rebus yang telah dipotong kecil-kecil.
  • Bawang Bombay atau bawang putih, cincang kasar.
  • Lada bubuk, merica dan garam.
  • 2 sendok makan minyak goreng.

Cara Membuat Kulit Pastel

Langkah pertama dalam membuat kulit pastel adalah dengan mencampur semua bahan untuk kulit dalam satu wadah. Aduk secara merata dan kemudian adonan diuleni sampai menyerupai gumpalan. Setelah itu, ambil dari adonan tadi satu genggam dan kemudian ratakan sehingga menyerupai bulatan yang tipis. Pastikan bulatan adonan tersebut tidak terlalu tipis maupun terlalu tebal.

Cara Membuat Isi Pastel

Setelah selesai dengan kulit pastel, saatnya Anda menyiapkan isian perut pastel. Langkah pertama adalah panaskan minyak di wajan kemudian masukkan irisan bawang Bombay. Setelah wangi, masukkan irisan wortel dan kentang. Aduk hingga matang. Setelah semuanya empuk, masukkan bihun, penyedap rasa, lada dan garam secukupnya. Jika dirasa terlalu kering, tak mengapa memasukkan cairan kaldu secukupnya. Setelah matang, angkat dan dinginkan.

Cara Membuat Pastel

Setelah selesai dengan kulit dan isi, saatnya Anda untuk membuat pastel utuh.  Langkah pertama adalah ambil kulit adonan yang berupa lingkaran tadi. Kemudian taruh satu potong irisan telur rebus dan dua sendok bagian  isi yang ditumis sebelumnya. Setelah itu lipat kulit sehingga membungkus isi dengan penuh. Tempelkan kedua sisinya dan tekan-tekan sampai saling mengunci. Kemudian mulailah menekuk kulit yang telah pipih dan membentuk layaknya tali.  Setelah itu, Anda tinggal menggoreng pastel yang telah lengkap bersama isinya dan tentu siap untuk dinikmati.

Sebagai tambahan, Anda bisa membeli alat khusus untuk membuat kulit pastel. Alat tersebut juga bisa membantu Anda untuk membentuk pita pada pinggiran luar pastel Anda. Semoga cara membuat pastel ini membantu Anda.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie