Cara Membuat Permen Lolipop

cara membuat permen lolipopLolipop merupakan jenis permen yang cukup populer. Jenis permen ini identik dengan stick/pegangan serta warnanya yang ceria. Kabarnya, lolipop telah ada sejak dahulu kala. Menurut beberapa sumber, jenis permen ini diduga tercipta dari kebiasaan manusian purba yang gemar mengumpulkan madu dengan menggunakan tongkat. Madu yang telah mengumpul di kayu pun dinikmati langsung. Hal inilah yang mengilhami permen lolipop yang juga identik dengan pegangannya. Jika merunut pada sejarahnya, maka tentu cara membuat permen lolipop cukup sederhana.

Jika Anda berminat untuk membuat jenis permen ini, pastikan Anda memiliki peralatan dasar seperti cetakan adonan permen, termometer permen, semprotan Anti-lengket, serta stick untuk pegangan permen. Untuk cetakan, Anda bisa menggunakan cetakan adonan coklat atau cetakan lain yang tidak terbuat dari plastik. Untuk termometer permen, bisa Anda dapatkan di toko yang memang khusus menjual peraalatan dapur. Termometer ini perlu sebab jika suhu terlalu panas maka adonan permen akan berasa pahit. Untuk bahan-bahan yang dibutuhkan, berikut rinciannya.

Bahan Pembuatan Permen Lolipop

  • Kurang lebih 1 cangkir gula biasa.
  • ¼ cangkir air.
  • ½ cangkir sirup jagung. Sirup jenis ini bisa dengan mudah Anda jumpai di toko yang memang khusus menjual bahan-bahan untuk kue.
  • ¾ sendok teh ekstrak perasa. Untuk jenis rasa tentu bisa Anda pilih sesuai dengan selera Anda. Aneka rasa yang tersedia misalnya, apple, orange, strawberry ataupun mint.
  • Pewarna permen lolipop. Pastikan Anda menggunakan pewarna makanan yang memang aman dikonsumsi.

Alat-alat Yang Dibutuhkan

  • Cetakan untuk mencetak permen
  • Semprotan Anti-lengket untuk mencegah adonan permen lengket di cetakan.
  • Termometer permen.
  • Stick/batang permen.

Cara Membuat Permen Lolipop

Terlebih dahulu, siapkan cetakan. Pastikan cetakan tersebut telah bersih. Setelah itu semprotkan cairan anti-lengket pada cetakan. Langkah berikutnya adalah campurkan gula dengan sirup jagung serta tambahkan air. Taruh campuran bahan tersebut di dalam panci berukuran sedang dengan panas api kompor yang tinggi. Setelah masuk, jangan lupa menaruh termometer permen aagar bisa mengontrol suhu kompor. Pastikan pula Anda mengaduk campuran tadi sampai larut.

Setelah larut, berhenti mengaduk adonan dan tunggu sampai angka di termometer mencapai suhu 295 derajat celcius. Setelah termometer mencapai angka yang dimaksud, segera angkat adonan dan tuangkan ke Loyang untuk dicampur dengan perasa  juga pewarna. Setelah semuanya tercampur, masukkan adonan cair tersebut ke cetakan. Anda bisa menggunakan sendok makan. Pada saat memasukkan adonan, pastikan stick atau batang permen tertimbun adonan dengan benar. Setelah itu, Anda tinggal menunggu permen mengeras.

Setelah permen lolipop mengeras, Anda bisa memisahkannya dari cetakan. Permen lolipop Anda sudah bisa dinikmati. Jika ingin menyimpan permen, pastikan Anda membungkusnya dengan plastik agar lebih awet. Anda juga bisa menyimpannya dalam lemari pendingin Anda.  Cara membuat permen lolipop ini cukup sederhana. Jika Anda berminat, dengan sedikit kreatifitas, Anda bisa menjadikan permen lolipop sebagai peuang usaha yang menjanjikan. Selamat mencoba.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie