Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah

Cara Membuat YoghurtYoghurt pada hakekatnya merupakan susu hasil fermentasi bakteri. Asam pada Yoghurt dihasilkan oleh fermentasi gula susu (laktosa). Yoghurt banyak disukai oleh konsumen karena rasanya yang unik. Selain itu, Yoghurt juga memiliki khasiat untuk kesehatan antara lain, dapat membuat pencernaan lebih sehat, mencegah beberapa penyakit seperti osteoporosis, darah tinggi serta mencegah kangker. Yoghurt juga bisa mengatasi penyakit diare, mencegah infeksi kronik pada vagina yang disebabkan oleh jamur. Selain itu, ternyata Yoghurt juga kaya akan vitamin D serta kalsium. Mengingat manfaatnya yang kaya, rasanya penting untuk mengetahui cara membuat Yoghurt seperti apa.

Bahan Yang Dibutuhkan

Untuk membuat Yoghurt, bahan-bahan yang Anda butuhkan berupa susu. Susu ini bisa berupa susu murni segar ataupun susu kemasan yang biasa kita beli di supermarket. Bahan lainnya adalah Yoghurt tanpa rasa atau Plain. Yoghurt ini akan digunakan sebagai biang Yoghurt yang Anda akan buat. Jika tidak ingin menggunakan Yoghurt Plain, Anda juga bisa membeli bibit Yoghurt di toko tertentu.

Alat Yang Digunakan

Untuk meracik Yoghurt, alat yang Anda butuhkan cukup sederhana yakni :

  • Panci berukuran sedang.
  • Sendok untuk mengaduk yoghurt dan susu.
  • Stopless kaca yang tahan panas dan memiliki penutup kedap udara.

Cara membuat Yoghurt Dari Dapur Anda Sendiri

  • Langkah pertama membuat Yoghurt adalah dengan memanaskan susu dengan api kecil dan terus menerus diaduk. Api jangan terlalu besar agar susu tidak mendidih dan meluap.
  • Setelah 30 menit, diamkan susu yang dipanaskan tadi hingga suhunya sama dengan suhu ruang.
  • Setelah itu, barulah kemudian Anda mencampurkan Yoghurt plain atau tawar ke dalam susu. Jika Anda menggunakan bibit yoghurt, langkah yang dilakukan sama. Aduk hati-hati sampai benar-benar menyatu.
  • Setelah merata, tuang campuran tadi kedalam wadah yang tertutup seperti stopless kedap udara. Dan yang paerlu diingat, jauhkan dari terpaan sinar matahari langsung. Hal tersebut akan merusak kemurnian Yoghurt yang Anda buat.
  • Yoghurt yang telah Anda simpan di wadah kedap udara bisa disimpan dalam ruangan dengan suhu paling hangat.
  • Jika cuaca di wilayah tempat tinggal Anda cukup dingin, Anda bisa mensiasatinya dengan membungkus wadah Yoghurt buatan Anda dengan selimut atau bahan lain agar lebih hangat.
  • Setelah itu, diamkan selama 5 sampai 10 jam. Biasanya semakin lama Anda menyimpannya, maka semakin kuat pula rasa asam yang dihasilkan oleh Yoghurt buatan Anda.
  • Setelah dirasa cukup atau matang, Yoghurt bisa Anda simpan di dalam lemari pendingin di rumah Anda.

Sebagai catatan tambahan, jika Anda menginginkan Yoghurt Anda lebih kental, pada saat memanaskan suus murni, Anda bisa menambahkan susu krim kental. Dan untuk mendapatkan berbagai varian rasa, Anda bisa menambahkan perisa makanan yang aman untuk dikonsumsi di tahap pencampuran bibit yoghurt. Cara membuat Yoghurt ini cukup sederhana. Langkahnya sangat mudah dipahami dan tidak memerlukan peralatan yang banyak. Hal ini bisa menjadi ide usaha bagi Anda yang jeli melihat kesempatan. Selamat mencoba.

Share This Post

Related Articles

One Response to “Cara Membuat Yoghurt Sendiri di Rumah”

  1. ternyata mudah ya cara bikin yougurt….
    thanx infonya

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie