Cara Mempercepat Booting Windows 7

Pada kesempatan kali ini Meja Baca akan berbagi sedikit tips dan cara mempercepat booting windows 7 pada pc. Windows 7 adalah salah satu sistem operasi yang saat ini banyak digunakan oleh masyarakat karena tampilannya yang indah dan cepat. Tetapi kadang kala banyak orang yang mengalami masalah pada sistem operasi windows 7 seperti,  mudah ngelag, booting windows 7 lemot. Nah, sekarang Meja Baca akan membahas bagaimana mengatasi booting windows 7 yang lemot dengan cara mempercepat booting win 7.

Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat booting windows 7. Kali ini kita akan membahas dua cara mempercepat booting windows 7 yaitu dengan cara mengurangi program-program pada start-up dan menguninstall program-program atau software-software yang tidak terpakai.

Cara Mempercepat Booting Windows 7

Mengurangi Program-Program pada Start-up – Jika booting windows 7 anda lebih dari satu menit mungkin itu dikarenakan pc/laptop anda terlalu memiliki banyak program yang berjalan secara otomatis ketika sistem operasi windows 7 booting. Booting yang lama itu karena konflik yang cukup serius antara Hardware, Network dan Software-software lainnya.

Banyak software/profram-program yang disetting para developer program agar program tersebut berjalan secara otomatis saat windows 7 dinyalakan yaitu pada start-up. Sebenarnya kita juga tidak dapat melihat program tersebut berjalan tetapi, program-program yang dirancang autoplay saat start-up itu memakan memory sehingga memperlambat booting dan loading windows 7. Jadi untuk masalah ini anda dapat menghapus program-program pada start-up yang jarang digunakan. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk menghapus program-program windows 7 agar booting windows 7 tidak lemot.

  1. Tekan tombol Windows + R
  2. Setelah itu ketikan msconfig dan pilih oke.
  3. setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah
  4. Lalu pilih aplikasi-aplikasi yang menurut anda jarang anda gunakan, setelah itu klik OK atau APPLY

cara mempercepat booting windows 7

Uninstall Aplikasi-Aplikasi yang tidak Terpakai – Setelah anda melakukan langkah pertama yaitu menghapus beberapa program pada start-up, selain itu cara mempercepat booting window 7 bisa anda lakukan dengan cara meng-uninstall semua program-program atau aplikasi-aplikasi yang jarang anda gunakan. Hal ini juga dapat memperlambat kinerja PC/Laptop anda karena akan memakan memory. Cara ini juga berguna untuk mengurangi space kosong pada hardisk pc/laptop anda.

Cara meng-uninstall software pada windows 7 sangatlah mudah yaitu dengan cara :

  1. Klik Start
  2. Pilih menu Control Panel
  3. Lalu pilih menu Program – Uninstall a Program
  4. Pilih aplikasi mana yang menurut anda jarang anda gunakan

Itulah ke 2 Tips dan cara mempercepat booting windows 7 dengan mudah. Sebenarnya masih banyak lagi cara untuk mempercepat booting windows 7. Semoga kedua tips diatas dapat membantu anda dalam mengatasi windows 7 anda yang lemot pada saat booting berlangsung.

Share This Post

Related Articles

4 Responses to “Cara Mempercepat Booting Windows 7”

  1. Widyan Fakhrul Arifin says:

    mantap bro 🙂

  2. Widyan Fakhrul Arifin says:

    ok

  3. Widyan Fakhrul Arifin says:

    Setuju gaaann!

  4. Vicky X-tab says:

    makasi gan

Leave a Reply

© 2018 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie