Fungsi dan Manfaat Vitamin B12

Advertisements


Manfaat Vitamin B12

Img Source : hcgdietdrop.net

Vitamin B12 umumnya dikenal sebagai vitamin “anti-stres” dan masih merupakan kelompok vitamin B-kompleks. Vitamin B12 juga dikenal sebagai mineral yang larut dalam air dan mengandung zat yang biasa disebut dengan cobalt sehingga sering kali disebut cobalmin.

Fungsi dan Manfaat Vitamin B12

Fungsi penting dari vitamin B12 adalah untuk membantu dalam pembentukan sel darah merah dalam tubuh manusia. Selain itu, vitamin ini juga penting untuk replikasi DNA selama pembelahan sel. Vitamin B12 merupakan nutrisi penting untuk menjaga keseimbangan kesehatan saraf dan sintesis myelin (protein kompleks, yang merupakan selubung pelindung serabut saraf) khususnya kaitannya dengan metabolisme asam lemak. Manfaat Vitamin B12 lainnya yaitu meningkatkan aktivitas sistem kekebalan tubuh dan kemampuan tubuh untuk menahan kondisi stres.

Sumber Vitamin B12

Sumber alami vitamin B12 adalah makanan hewani. Produk makanan seperti daging, produk susu, dan telur mengandung vitamin B12 dalam jumlah besar. Sebuah penelitian tentang kemungkinan mencari sumber vitamin B12 dari tanaman sedang dilaksanaka, namun hingga saat ini belum ada sumber nabati dari vitamin B12 yang bisa diandalkan ataupun aman untuk dikonsumsi manusia.

Dosis Vitamin B12

Vitamin B12 adalah vitamin yang luar biasa. Bila dibandingkan dengan vitamin lain, tubuh manusia hanya membutuhkan vitamin ini dalam jumlah yang sangat kecil. Berdasarkan data yang dirilis oleh Reference Nutrient intake (RNI), asupan harian yang disarankan sesuai standar AS adalah 4,5 mg per hari untuk pria dewasa muda, dan 3 mg / hari untuk wanita dewasa muda. Bagi pria atau wanita diatas usia 50 tahun disarankan untuk mengkonsumsi dengan kuantitas yang lebih besar, yakni sekitar 10 sampai 25 mg per hari. Kelebihan vitamin B12 yang dikonsumsi, oleh tubuh akan diserap di dalam hati. Tidak banyak memang (hanya sekitar 80% dari kebutuhan harian) karena vitamin ini larut dalam air. Vitamin B12 umumnya stabil dan tidak mudah rusak, tetapi memasak bahan makanan terlalu lama dan dengan api yang terlalu besar dapat merusak nilai gizinya.

Kelainan Berkaitan Vitamin B12

Vitamin B12 memiliki potensi yang sangat rendah untuk toksisitas. Namun konsumsi vitamin ini melalui suplemen harus dikonsultasikan terlebih dahulu kepada para ahli medis. Saran yang sering kali diberikan oleh para ahli medis adalah cara yang terbaik untuk mendapatkan Vitamin B12 adalah melalui asupan makanan sehari-hari.

Advertisements


Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close