Mengenal Beragam Fungsi Soda Api

Advertisements


Fungsi Soda ApiSoda Api yang dalam ilmu kimia disebut NaOH (natrium hidroksida) merupakan sejenis basa logam kaustik. Oleh sebab itu, beberapa orang menyebut soda api dengan nama soda kaustik. Senyawa ini terbentuk dari oksida basa natrium oksida (NaOH) yang dilarutkan dalam senyawa air. Soda api atau soda kaustik, memiliki sifat senyawa alkalin dimana fungsinya semakin kuat saat dilarutkan bersama air. Fungsi soda api cukup beragam terutama dalam dunia industri pabrikan. Manfaatnya sebagai campuran produksi kertas, tekstil, sabun, deterjen, air minum, bubur kayu serta beberapa percobaan kimia di laboratorium.

Melancarkan Saluran Pipa Cuci

Salah satu fungsi soda api dalam kehidupan rumah tangga adalah sebagai alat atau bahan untuk membersihkan saluran cuci atau bahkan saluran toilet yang mengalami kebuntuan atau mampet. Sifat soda yang keras bisa melarutkan unsur-unsur yang menghalangi saluran pada bak cuci atau toilet. Seperti diketahui, soda api memiliki sifat untuk melarutkan jaringan lemak, oleh sebab itu perlu kehati-hatian dalam penggunaannya. Meminimalisir persentuhan langsung antara kulit dan soda api adalah langkah awal melindungi diri dari bahaya soda api.

Soda Api Untuk Membersihkan

Fungsi soda api lainnya adalah sebagai pembersih yang kuat merontokkan noda membandel. Soda api biasanya dicampurkan dengan air dan dibasugkan pada permukaan lantai yang kotor, dinding kamar mandi yang berjamur, dan permukaan lain yang diselimuti noda yang susah dihilangkan. Namun kadar penggunaannya harus hati-hati, sebab jika terlalu berlebihan, alih-alih untuk membersihkan justru soda api akan merusak permukaan. Sifat soda api yang keras ini juga banyak dimanfaatkan sebagai bahan untuk melunturkan cat motor ataukah mobil sebelum pengaplikasian cat yang baru.

Hidari Sentuhan Langsung

Manfaat soda api memang cukup beragam. Namun di balik manfaat tesebut, soda api memiliki efek negative pada tubuh. Soda api memang cukup keras. Lihat saja pada pemanfaatannya sebagai bahan untuk mengelupas cat serta memperbaiki saluran pembuangan yang mengalami kebuntuan. Mekanisme soda api dalam menyelesaikan problem tersebut dengan cara melebur cat dan kotoran oleh karena sifatnya yang keras. Dalam dunia medias, soda api memang eikenal sebagai unsure yang bersifat melarutkan jaringan lemak. Karenanya, saat bersentuhan langsung denga soda api, kulit akan terasa panas.

Hati-hati Memilih Kosmetik

Meskipun diketahui soda api cukup berbahaya bagi kulit, namun ada beberapa produsen nakal yang menggunakan soda api sebagai bahan kosmetik yang mereka racik. Padahal fungsi soda api sama sekali tidak diperuntukkan bagi kecantikan. Soda api dalam kadar tertentu akan membuat kulit terkelupas. Namun hal tersebut bukan berarti soda api legal dijadikan produk untuk meregenerasi sel kulit mati. Sebagai konsumen, Anda dituntut untuk lebih pintar memilih produk kecantikan. Hidari krim yang menjanjikan hasil yang instan. Terlebih jika krim tersebut bekerja dengan cara mengelupas kulit wajah. Tetaplah waspada!

Advertisements


Share This Post

Recent Articles

One Response to “Mengenal Beragam Fungsi Soda Api”

  1. luthfi says:

    bisa tidak kalau soda api untuk pengeras betonan ?

    thanks

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close