Istilah Gadget

Gadget adalah sebuah peralatan dalam bentuk yang tidak terlalu besar seperti sebuah mesin yang memiliki fungsi-fungsi tertentu, namun seringkali istilah ini merujuk pada sesuatu alat yang baru. Kadang istilah ini disebut juga dengan istilah gizmos. Perbedaan peralatan elektronik yang disebut dengan istilah ini dengan perlatan elektronik lainnya adalah unsure kebaruan tadi. Peralatan elektronik yang menggunakan istilah ini, selalu berubah hampir setiap waktu, apa yang hari ini jadi trend, baru beberapa minggu kemudian telah menjadi sesuatu yang kedaluarsa.

ipod kawai

Istilah gadget muncul sekitar abad 19. Namun asal mula istilah ini tidak diketahui dengan pasti, dan tidak ada kata sepakat dari para ahli, tentang asal mula istilah ini. Ada yang mengatakan bahwa istilah ini kemungkinan berasal dari nama sebuah perusahaan, yakni Gaget, Gauthier & Cie, yang membuat replika patung liberty dalam ukuran mini, dan memberi nama patung mini tersebut dengan nama depan perusahaan tersebut yakni Gaget.

Di bidang industri perangkat lunak atau software, istilah gadget merujuk pada sebuah program yang menyediakan layanan tanpa memerlukan sebuah aplikasi mandiri saat hendak digunakan, tapi cenderung menggunakan sebuah lingkungan yang diatur oleh beberapa perangkat lain. Dalam bahasa Indonesia sendiri, istilah ini di-Indonesia-kan dengan istilah ‘acang’.

Namun terlepas dari asal usul istilah ini, atau bagaimana awal mula istilah ini muncul, istilah ini saat ini lebih merujuk pada peralatan elektronik berupa handphone, smartphone, tablet, serta laptop atau komputer jinjing. Bentuknya yang kecil dan ringkas juga menjadi salah satu ciri, sehingga baik laptop maupun mobile phone tersebut disebut dengan istilah gadget. Unsur kebaruan pada keempat jenis peralatan elektronik tersebut memang membedakan ke empat peralatan elektronik tersebut dengan peralatan elektronik lainnya.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2018 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie