Kandungan dan Manfaat Beras

kandungan berasHanya ada satu ungkapan yang bisa menggambarkan manfaat beras, yaitu : beras adalah makanan sehat! Saat ini, semakin banyak warga Amerika Serikat yang menggunakan beras dalam diet mereka sehari-hari. Analisis pasar menunjukkan bahwa konsumsi beras di Amerika Serikat meningkat dua kali lipat dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Kenaikan dalam konsumsi beras ini disebabkan naiknya kesadaran masyarakat tentang kandungan dan manfaat beras bagi kesehatan mereka.

Kandungan Gizi Beras

Beras merupakan sumber penting dari karbohidrat kompleks, yang menyediakan energi untuk tubuh dan bahan bakar untuk otak. Dilansir dari situ RiceTrade.com, beras menyediakan vitamin termasuk riboflavin, thiamine dan niacin. Beras juga mengandung zat besi, vitamin D dan kalsium.

Beras tidak mengandung kolesterol atau gluten sehingga baik bagi seseorang yang memiliki alergi terhadap gluten. Secara alami beras mampu bertahan selama bertahun-tahun, karenanya beras tidak memiliki bahan aditif atau pengawet. Beras mengandung delapan asam amino yang membuatnya menjadi sumber protein yang baik.

Beberapa Fakta Menarik Seputar Kandungan Beras

  1. Beras merupakan makanan pokok yang paling paling banyak dikonsumsi di dunia. Data statistic menyebutkan bahwa dua pertiga dari populasi dunia mengkonsumsi beras/nasi sebagai makanan pokok mereka.
  2. Beras juga merupakan tanaman pangan yang dipanen paling banyak ketiga di dunia. Berdassarkan laporan dari International Year of Rice 2004, penghasil beras terbesar di dunia adalah negara Thailand yang diketahui mengekspor sekitar 7,6 juta ton setiap tahunnya.  Posisi kedua adalah Vietnam, yang mengekspor 3,7 juta ton per tahun dan ketiga adalah Amerika Serikat yang mengekspor 2,6 juta ton per tahun. Sayang sekali, meskipun beras adalah makanan pokok di Indonesia, Negara kita malah mengimpor banyak beras setiap tahunnya.
  3. Berdasarkan data yang dilansir dari situ RiceMilk.com, beras merupakan makanan sehat karea sangat mudah dicerna tubuh. Beras juga diketahui mampu membantu meringankan gangguan pencernaan dan mual, diare dan disentri serta beberapa gangguan kulit dan tekanan darah tinggi.
  4. Ada lebih dari 140.000 varietas padi. Jenis yang palingi umum dijumpai berbentuk berbulir panjang, dan beberapa berbulir pendek. Biasanya yang bentuknya bulir-bulir pendek menyatu ketika dimasak, sedangkan yang berbulir panjang biasanya tidak terlalu lengket sehingga masih dapat dipisahkan ketika sudah matang. Ada juga jenis beras merah yang diketahui mengandung gizi lebih tinggi dari beras yang berwarna putih.
  5. Beras sering kali diolah berlebihan agar tampak lebih putih. Tidak jarang para produsen menggunakan bahan kimia pemutih non organic yang selain tidak baik bagi kesehatan, juga menghilangkan banyak nutrisi penting di dalam padi.

 

Ada beragam kandungan beras yang terbukti baik bagi kesehatan. Karenanya tidak perlu ragu untuk mengkonsumsi beras sebagai makanan pokok sehari-hari.  Agar lebih menjamin kesehatannya, konsumsi beras organic sangat dianjurkan karena bebas dari pestisida!

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie