Kandungan Daun Kemangi

Kandungan Daun KemangiSiapa yang tak mengenal daun kemangi? Tumbuhan dengan daun berukuran mungil ini memang cukup populer khususnya di Indonesia. Jika Anda penikmat kuliner jenis lalapan, pasti mengenali bentuk dan rasa kemangi. Selain itu, tanaman nikmat ini juga memiliki bebauan yang khas. Semua keunggulan tersebut membuat kemangi menjadi tanaman yang cukup populer. Selain kekhasan tadi, ternyata kemangi juga menyimpan banyak manfaat. Hal ini didasarkan pada kandungan daun kemangi yang cukup kompleks.

 Unsur-unsur Dalam Kemangi

Membedah kandungan daun kemangi berarti mengurai satu per satu zat yang ada di setiap helai daunnya. Kemangi mengandung berbagai macam unsur yang penting bagi tubuh. Mulai dari provitamin A (atau biasa disebut betakaroten), kolagen, fosfor, Vitamin C, senyawa arginin, minyak atsiri, flavanoid, eugenol, boron dan anetol.

 

Masing-masing unsur yang terkandung di dalam helai daun kemangi memiliki manfaatnya masing-masing. Sebut saja betakaroten yang memiliki fungsi memelihara penglihatan, merangsang kekebalan tubuh, mendukung daya kembang tubuh serta sebagai zat antiradikal bebas. Sedangkan Vitamin C dalam daun kemangi memiliki fungsi untuk membentuk kolagen yang berperan dalam penyembuhan luka, membantu penyerapan zat besi serta kalsium,mencegah kangker dan juga sebagai antioksidan.

Senyawa lain seperti arginin, eugenol,anetol,dan boron berperan dalam melindungi serta menyehatkan organ reproduksi bagi wanita juga pria. Bagi wanita, kandungan daun kemangi sangat baik sebab bisa membatu memerangi penyebab keputihan yakni serangan jamur. Sedangkan untuk pria, unsur yang ada dalam kemangi mampu memelihara kesehatan sperma serta mengusir penyakit paling mengganggu bagi pria, ejakulasi dini.

Kemangi Untuk Kecantikan

Seperti telah disebutkan sebelumnya bahwa daun kemangi  juga mengandung senyawa kolagen. Bagi pengamat indistri kosmetik, senyawa kolagen tentu cukup familiar. Kolagen memang sering disebut terkandung dalam kosmetik. Kolagen sendiri pada hakekatnya merupakan senyawa protein yang memiliki pengaruh terhadap susunan sel pada hampir semua jaringan ikat di tubuh manusia. Dalam hal ini yang dimaksud jaringan ikat seperti tulang rawan, membrane kapiler, kulit, urat otot dan lainnya. Dengan mengkonsumsi kemangi, secara langsung Anda juga sedang mengkonsumsi kolagen alami yang memang baik untuk memelihara elastisitas kulit.

Efek Samping Daun Kemangi

Meskipun terbukti memiliki banyak manfaat, namun para ilmuan tidak menganjurkan konsumsi kemangi dalam jumlah yang berlebihan. Bagaimanapun, daun kemangi yang merupakan kerabat selasih ini, mengandung zat yang tak lain merupakan karsinogen yang berpotensi memicu timbulnya kangker. Kemangi juga bisa menyebabkan zat-zat kimia masuk ke dalam tubuh jika konsumen lalai membersihkan kemangi sebelum dikonsumsi. Sangat dianjurkan mencuci daun kemangi di air yang mengalir agar zat-zat kimia yang melekat pada daun bisa meluruh.

Bagaimanapun, kandungan daun kemangi tetap didominasi unsur-unsur yang ramah bagi tubuh. Di luar konteks efek samping tadi, segala sesuatu yang dikonsumsei berlebihan memang akan menimbulkan reaksi yang kurang baik. Hal ini tak terkecuali pada daun kemangi. Bijak memilih takaran atau jumlah adalah kunci cermat untuk mengoptimalkan manfaat dari si nikmat yang sehat, kemangi!

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie