Kegunaan Daun Kelor

Advertisements


Kegunaan Daun KelorKelor merupakan salah satu tumbuhan yang paling akrab dengan kita. Tanaman bernama latin Moringa Oleifera ini memang mudah tumbuh sehingga tak jarang para ibu menanamnya di halaman rumah. Tumbuhan dengan daun berukuran kecil ini bisa mencapai ketinggian 6 sampai 11 meter. Kabarnya semua bagian kelor ini bisa diolah dan memiliki khasiat bagi kesehatan. Mulai dari batang, biji, daun, bahkan akar. Semuanya memiliki manfaat yang beragam. Tapi tahukah Anda bahwa bagian yang paling banyak memiliki manfaat dari kelor adalah daun? Berikut kegunaan daun kelor untuk manusia.

Pendamping Makanan Yang Nikmat

Tentu semua orang mengetahui bahwa daun kelor bisa diolah menjadi menu sayuran pendamping makanan pokok kita. Bahkan ini merupakan kegunaan utama daun kelor. Di Indonesia khususnya, daun kelor biasanya diolah menjadi sayur bening maupun sayur bobor. Di daerah tertentu seperti Manado dan Palopo Sulawesi Selatan, daun kelor bisa diolah menjadi pelengkap jenis kuliner bubur. Rasanya tak hanya nikmat tapi juga menyehatkan.

Si Nikmat Yang Sehat

Selain berguna sebagai sayur pendamping lauk, daun kelor ternyata memiliki beragam khasiat bagi kesehatan. Kabarnya kandungan gizi yang ada dalam daun kelor tidak main-main. Bahkan beberapa ilmuan menjulukinya “Pohon Ajaib”. Dengan menyantap daun kelor secara teratur, akan membantu memenuhi kebutuhan vitamin serta mineral yang dibutuhkan tubuh. Selain itu, daun kelor juga mengandung asam amino esensial yang cukup lengkap. Tak berhenti sampai di situ, ternyata daun kelor juga mengandung kalsium yang cukup tinggi.

Kaya Vitamin A dan C

Jika selama ini Anda beranggapan bahwa vitamin A paling banyak di sayuran wortel dan kandungan Vitamin C paling tinggi ada di buah jeruk, maka siap-siaplah terkejut. Sebab penelitian terbaru mengungkap fakta bahwa justru kelor lah yang juara dalam hal jumlah kandungan vitamin A dan C. Vitamin A bermanfaat bagi kesehatan mata sedangkan vitamin C sangat baik untuk memelihara kondisi tubuh. Dengan mengkonsumsi daun kelor, kebutuhan tubuh akan vitamin A dan C terpenuhi. Poin tambahannya adalah bahwa kelor jauh lebih murah dan mudah didapatkan daripada wortel dan jeruk. Tidak heran jika di Afrika, salah satu kegunaan daun kelor adalah untuk memerangi gizi buruk. Biaya murah dan mudah didapatkan!

Lawan Penyakit Dengan Kelor

Berdasarkan riset ilmiah, daun kelor memiliki kandungan gizi yang lengkap. Mulai dari kalsium, mineral, asam amino dan tentu vitamin. Hal ini menjadikan kelor sangat baik untuk mencegah bahkan melawan penyakit tertentu. Daun kelor bisa berfungsi sebagai anti inflamasi sebab kandungan kalsium serta fosfornya cukup tinggi. Manfaat lain dari kelor adalah mengatasi rasa nyeri serta letih. Kandungan senyawa bernama pterigospermin yang ada dalam daun kelor mampu merangsang kulit dan menghangatkannya. Tidak heran jika leluhur kita dahulu kala mengobati memar atau nyeri dengan cara melumat daun kelor yang kemudian dibalurkan pada titik nyeri. Kelor bisa mengurangi rasa sakit karena ia juga bersifat analgetik.

Kegunaan daun kelor lainnya adalah menurunkan kolesterol yang merupakan biang penyakit. Berdasarkan riset, daun kelor memiliki senyawa tertentu yang dapat mereduksi kandungan lemak dalam darah. Hal ini sama seperti yang kita jumpai dalam obat atenolol.

Teh dan Kapsul Daun Kelor

Beragam kegunaan daun kelor serta informasi nutrisi yang kaya di dalamnya membuat banyak orang mulai melirik daun kelor. Dalam dunia keehatan, kini mulai dikenal adanya teh herbal yang dibuat dari  campuran daun kelor dan daun teh. Tak hanya berupa teh, khasiat daun kelor kini bisa didapatkan dengan mengkonsumsi kapsul yang berisi ekstrak daun kelor. Produk ini bisa Anda dapati di toko-toko tertentu. Bagi Anda yang menyukai hal praktis, kapsul tersebut tentu menjadi pilihan yang cerdas.

Advertisements


Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close