Kenali Beragam Manfaat Tomat Untuk Wajah

Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum atau yang lazim dikenal dengan nama tomat (English: Tomato) merupakan tanaman yang berkerabat dengan Solanaceae. Konon kabarnya ia pertama kali ditemukan tumbuh di Amerika Tengah, mulai dari Meksiko hingga ke Peru. Tomat termasuk ke dalam jenis tanaman dengan umur yang singkat. Ia “bersepupu” dengan kentang dan banyak dijadikan tanaman palawija saat kebun kosong setelah pemanenan.  Tomat sering disebut buah dan juga tak jarang dikelompokkan sebagai sayur. Terdapat berbagai varian dari tomat ini, mulai dari warna hingga bentuk. Di Indonesia, tomat populer dijadikan bahan pembuatan sambal nikmat menggoda selera. Sementara itu di Negara lain, tomat populer dijadikan saus dan juga jus. Mengkonsumsi tomat sangat baik sebab kandungan senyawa di dalamnya baik untuk kesehatan. Tak hanya dikonsumsi, tomat juga bisa menyulap kulit Anda menjadi cantik! Manfaat tomat untuk wajah ini sudah banyak dibuktikan para wanita di berbagai Negara! Anda kah salah satunya?

Siapa yang tidak mendambakan wajah segar cerah berseri? Bahkan sebagian wanita rela menghabiskan jutaan rupiah di klinik kecantikan untuk wajah yang paripurna. Lalu bagaimana dengan mereka yang berbudget terbatas? Jangan cemas, ada banyak cara mendapatkan wajah yang cantik. Salah satunya dengan menggunakan tomat. Manfaat tomat untuk wajah ini bersumber dari kandungan senyawa Lycopene di dalamnya. Senyawa yang satu ini dikenal ampuh melindungi sel serta mencerahkan secara alami. Berdasarkan penelitian ilmuah, diketahui bahwa Lycopen memiliki sifat tertentu yang menghambat pigmentasi di kulit. Karena itu, tidak heran jika kemudian tomat bisa menyulap wajah Anda jauh lebih bening dan cerah. Pada dasarnya, senyawa Lycopen ini bisa dijumpai pada buah lainnya. Hanya saja, sumber terbaik dengan kandungan melimpah ya tomat.

Gunakan Masker Tomat Secara Teratur Ladies!

Untuk mendapatkan manfaat tomat untuk wajah, tentu ketelatenan Anda mutlak diperlukan sebab hasil baru terlihat jika dilakukan secara kontinyu. Anda bisa menggunakan masker tomat instan yang banyak dijual di pasaran. Namun, jika Anda tak segan merepotkan diri. Tak ada salahnya menggunakan tomat di dapur Anda . Bagaimana caranya? Mudah kok!

Sebenarnya, Anda bisa saja menggunakan buah tomat dan mengaplikasikannya langsung ke wajah Anda. Tetapi, untuk hasil yang maksimal sebaiknya Anda menambahkan bahan lain yang juga memiliki manfaat yang bagus buat kulit. Berikut resep masker tomat yang bisa Anda coba di rumah:

Resep Masker Tomat 1

  • Siapkan buah tomat matang sebanyak 1 buah. Haluskan.
  • Siapkan tepung maizena sebanyak 2 sendok makan.
  • Madu sebanyak 1 sendok teh.

Capur semua bahan hingga membentuk adonan pasta dan langsung aplikasikan di wajah Anda yang telah dibersihkan. Setelah kurang lebih 30 menit, bilas dengan ar bersih.

Resep Masker Tomat 2

Jika wajah Anda cenderung berminyak, tak ada salahnya meracik masker tomat. Caranya sangat mudah, cukup siapkan buah tomat matang sebanyak 1 biji dan juga potongan mentimun secukupnya. Haluskan keduanya dan campurkan sarinya. Oles cairan tersebut ke wajah Anda yang telah dibersihkan. Biarkan hingga mengering dan bilas bersih.

Resep Masker Tomat 3

Untuk menghilangkan komedo membandel, Anda juga bisa menggunakan masker tomat. Caranya, haluskan satu buah tomat mengkal dan campur dengan buah alpokat yang juga telah dihaluskan. Selanjutnya aplikasikan di wajah Anda dan kemudian bilas bersih.

Masih ada banyak lagi bahan lainnya yang bisa Anda tambahkan dengan buah tomat. Manfaat tomat untuk wajah ini baru terlihat setelah beberapa kali pemakaian sebab memang bahan-bahan alamiah bekerja lebih lambat jika dibandingkan dengan bahan kimia. Tapi, lebih baik lambat tapi kesehatan terjamin bukan? Selamat mencoba masker tomat di rumah ya ladies!

 

 

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie