Kenali Dan Atasi Mata Ikan Di Telapak Kaki

mata ikan di telapak kakiMata ikan di telapak kaki atau yang dalam bahasa latin disebut clavus adalah sebuah penyakit yang dikarenakan oleh HPV. Gejala ini ditandai oleh mengerasnya lapisan kulit kita. Bentuknya adalah sebuah benjolan dengan ukuran sekitar seperempat kulit kacang. Mata ikan merupakan sebuah kondisi penebalan kulit yang umumnya muncul di permukaan kaki akibat dari tekanan serta gesekan terus menerus pada bagian kaki.

Di bagian tengah clavus, umumnya bisa ditemui penebalan kulit yang membentuk seperti sebuah inti yang mengeras atau disebut juga dengan Keratotic Olug. Inti yang mengeras itulah yang menyebabkan adanya rasa sakit ketika kita berpijak, khususnya ketika tak memakai alas kaki apapun dan langsung menapak di lantai yang keras. Selain sangat mengganggu kenyamanan, clavus ini juga berkaitan erat dengan salah satu penyakit yang lainnya, salah satunya yaitu gangguan pada saraf. Meskipun terkesan sepele, perlu dilakukan penanganan yang tepat dan sesuai untuk mengatasi masalah mata ikan di telapak kaki. Jika tak ditangani, pada beberapa kasus, mata ikan di telapak kaki bisa menimbulkan infeksi serta menjadi borok yang lumayan dalam.

Cara Mengatasi Mata Ikan

Untuk mengobati mata ikan di telapak kaki ada beberapa hal yang bisa kita lakukan. Hal yang paling awal yang harus dilakukan adalah mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang mampu menimbulkan munculnya mata ikan, seperti halnya jangan pernah memakai sepatu atau sandal yang terlalu sempit. Biasanya, untuk mengatasi mata ikan di telapak kaki yang masih belum terlampau serius, dokter kulit akan menyarankan pemakaian salep yang memiliki kandungan asam salisilat dengan prosentase yang agak tinggi. Bila tak berhasil, bisa menggunakan terapi yang lainnya seperti dilakukan bedah ringan.

Selama proses penyembuhan, penderita mata ikan sangat disarankan untuk menjaga keseimbangan kadar asam basa dengan rajin mengkonsumsi jus sayuran. Sebisa mungkin jauhi makanan berminyak serta yang manis-manis. Oleskan tree oil ataupun campuran bawang putih yang sudah dilumatkan dengan vitamin E. Setelah itu barulah kita gunakan kaus kaki yang berbahan katun 100 persen. Untuk pencegahan kembalinya mata ikan, kita gunakan sepatu yang memiliki bantalan telapak kaki yang baik dan empuk. Selalu jaga berat badan yang ideal, serta pilihlah alas kaki yang baik.

Pengobatan Menggunakan Bahan Alami

Selain yang telah disebutkan di atas, pengobatan terhadap mata ikan juga dilakukan dengan metode tradisional dengan menggunakan getah pepaya. Getah papaya memang kerap dipakai guna melunakkan daging serta obat untuk luka bakar. Bahan ini kaya akan kandungan zat papaine yang terdiri dari kandungan asam amino yang tinggi dan berguna untuk obat luat. Getah papaya yang berwarna putih susu bisa kita jumpai pada daun, batang, serta buah papaya. Pemakaiannya bisa dicampurkan dengan kapur alias enjet, kemudian kita balurkan di mata ikan di telapak kaki kita. Kandungan yang dimiliki oleh getah papaya ini sanggup memecahkan protein, melunakkan dan juga melepaskan seluruh sel kulit mati.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie