Kenali Penyebab Radang Tenggorokan

Penyebab Radang TenggorokanPenyakit radang tenggorokan mengacu pada kondisi dimana dinding teggorokan mengalami peradangan, penebalan serta bengkak. Tenggorokan memegang peranan penting sebagai saluran tempat jalannya makanan ke kerongkongan. Selain itu, tenggorokan juga berfungsi sebagai saluran udara menuju paru-paru. Struktur tenggorokan terdiri dari saluran berotot yang dilengkapi dengan selaput lendir yang menghasilkan lendir dan silia. Mengingat fungsinya yang vital, radang pada tenggorokan tentunya sangat mengganggu. Menelan makanan akan terasa menyiksa. Penyebab radang teggorokan pada kondisi umum adalah virus.

Infeksi Virus Dan Bakteri

Berdasarkan penelitian, sebanyak 80% radang tenggorokan disebabkan oleh serangan virus. Selebihnya dikarenakan kehadiran bakteri.  Biasanya virus yang menyerang tersebut adalah virus jenis coxsackie. Sementara untuk bakteri, yang menjadi penyebab radang tenggorokan adalah streptokokus. Bakteri ini menyebabkan penderita radang mengalami nyeri pada saat menelan, pada bagian dalam mulut muncul bintik-bintik putih, sering muntah-muntah serta mengalami pembesaran pada amandel disertai kelenjar yang bernanah.

Pada infeksi virus, gejala yang terjadi seperti pilek atau selesma serta influenza yang beujung pada radangnya tenggrokan. Infeksi akibat virus ini biasanya akan sembuh dalam jangka waktu seminggu sebab sistem antibodi Anda telah membentuk formula untuk melawan virus ini, Sementara itu, bakteri biasanya harus dilawan dengan konsumsi antibiotik. Namun dosisnya  harus sesuai dengan takaran dokter sebab antibiotik yang tidak tepat baik itu dosis maupu durasi konsumsi, justru akan membuat bakter kebal terhadap antibiotik itu sendiri.

Iritasi Serta Alergi

Penyebab radang tenggorokan lainnya adalah adanya iritasi serta alergi. Untuk iritasi, biasanya dipicu oleh faktor makanan seperti terlalu panas atau dingin, terlalu pedas, atau bergetah (dijumpai pada buah). Selain faktor makanan, iritsi juga bisa disebabkan oleh zat kimia yang masuk melalui sistem pernafasan. Jika Anda bekerja di tempat yang rentan bahan kimia, cobalah untuk selalu menggunakan masker sebagai pelindung.

Penyebab radang tenggorokan yang dikarenakan alergi biasanya merupakan reaksi hipersesitif yang dimiliki oleh beberapa orang.  Alergi bisa timbul karena bermacam-macam hal. Bisa jadi makanan, obat-obatan, cuaca, debu, dan juga minuman.  Reaksi alergi yang paling umum dijumpai adala karena debu dan makanan. Jenis makanan yang sering menimbulkan alergi adalah kacang-kacangan, susu, ikan, dan banyak lagi lainnya. Alergi tak bisa disembuhkan tetapi tentu bisa direduksi. Meningkatkan kekebalan tubuh adalah cara paling taktis untuk menghidari penyebab radang teggorokan. 

Selain faktor pemicu yang telah disebutkan sebelumnya, penyebab radang tenggorokan lainnya boleh jadi adalah rokok. Kandungan nikotin serta asap rokok disinyalir bisa membuat tenggorokan kering dan memicu gatal. Rasa gatal ini kemudian memancing terjadinya batuk. Rokok memang dikenal sebagai penyebab berbagai penyakit. Lebih aman jika Anda mengurangi atau menghilangkan kebiasaan merokok Anda.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie