Kepemimpinan Transformasional Dalam Arti Sebenarnya

Kepemimpinan TransformasionalHingga saat ini, teori kepemimpinan transformasional memang dikenal sebagai teori kepemimpinan yang paling unggul di antara beberapa teori kepemimpinan yang lainnya. Kepemimpinan transfornasional merupakan sebuah pendekatan dengan cara berusaha merubah kesadaran untuk membangkitkan semangat serta mengilhami bawahan ataupun anggota kelompok guna mengeluarkan usaha yang ekstra di dalam menggapai tujuan kelompok, tanpa ada perasaan tertekan ataupun ditekan.

Transformational Leadership ini merupakan sebuah istilah yang memiliki kata induk to transform, yang memiliki makna mengubah sesuatu jadi bentuk yang lain yang berbeda dari aslinya. Seorang pemimpin yang transformasional mesti sanggup mengubah dengan optimal sumber daya kelompok dalam rangka untuk mencapai tujuan yang berarti sesuai dengan target yang sudah ditentukan sebelumnya.

Lalu tingkat dari sampai sejauh mana seorang pemimpin dapat disebut sebagai seorang yang transformasional khususnya bisa diukur dari hubungannya dengan efek pemimpin itu kepada para bawahan yang ia miliki. Para bawahan dari seorang pemimpin yang transformasional merasa adanya kekaguman, kepercayaan, kesetiaan, dan rasa hormat pada pemimpin itu, serta mereka termotivasi guna melakukan yang lebih daripada yang mereka harapkan pada pertama kalinya.

Seorang pemimpin dapat dinilai memiliki gaya transformasional jika bisa merubah situasi, merubah apa yang dapat dilakukan, mempunyai acuan nilai kebebasan, kesamaan dan keadilan, serta berbicara mengenai tujuan yang luhur. Pemimpin yang seperti ini akan bisa membuat bawahannya melihat bahwa tujuan yang ingin mereka capai lebih dari sekadar tujuan pribadi saja. Sementara itu menurut Yukl, kepemimpinan gaya ini bisa dilihat dari tingginya komitmen, kepercayaan dari bawahan serta motivasi sehingga melihat tujuan kelompok yang ingin digapai memang lebih dari hanya kepentingan pribadi saja.

Secara khusus, kepemimpinan transformasional ini berhubungan dengan ide perbaikan. Seorang pemimpin bisa dikatakan memiliki kepemimpinan gaya ini bila ia memiliki kemampuan untuk:

  • Menurunkan visi serta misi pada tim dan juga kelompoknya.
  • Menstimulasi semangat yang dimiliki oleh para kolega serta bawahannya untuk melihat pekerjaan mereka dari berbagai sudut pandang baru.
  • Mengembangkan bawahan dan juga koleganya di tingkat kemampuan serta potensial yang lebih tinggi lagi.
  • Memberikan motivasi kepada para bawahan serta koleganya untuk meilhat di kepentingan mereka masing-masing, sehingga bisa memberikan manfaat untuk kepentingan yang diusung kelompoknya.

Karakteristik Kepemimpinan Transformasional Menurut Devanna Dan Tichy

Menurut penelitian yang dilakukan oleh dua nama di atas, karakteristik kepemimpinan transformasional  ini bisa dilihat dari cara seorang pemimpinan mengidentifikasi dirinya sendiri sebagai seorang agen perubahan, percaya pada semua orang, mendorong keberanian serta pengambilan resiko, pembelajar seumur hidup, mempunyai kemampuan guna menyelesaikan kompleksitas, ambiguitas, serta ketidakpastian, dan juga menjadi seorang pemimpin yang visioner.

Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie