Khasiat Buah Semangka bagi Kesehatan

khasiat buah semangkaSemangka (Citrullus lanatus) adalah tanaman merambat yang dipercaya berasal dari daerah gurun di Afrika Selatan. Semangka memiliki kulit yang agak keras, berwarna hijau tua atau hijau muda dengan garis hijau gelap. Daging semangka berwarna merah atau kuning. Semangka berdaging merah memiliki tingkat lycopene atau sumber antioksidan lebih baik bagi tubuh. Selain enak dimakan dan menyegarkan, Khasiat Buah Semangka juga berguna untuk kesehatan.

Salah satu manfaat buah semangka adalah menghaluskan kulit. Namun jika diteliti lebih jauh, masih banyak lagi manfaat buah semangka bagi kesehatan. Ingin tahu apa khasiat buah semangka yang sebagian besar tidak diketahui oleh banyak orang? Berikut ini penjelasannya :

  1. Semangka sangat membantu para penderita hipertensi. Kandungan air dan kalium yang tinggi dapat menetralisir tekanan darah tinggi.
  2. Membantu mengurangi resiko terkena stroke, pusing dan demam otak, diare, muntah dan lainnya, dengan meminum tiga gelas jus semangka setiap hari.
  3. khasiat buah semangka sangat bagus untuk menstimulisasi dan mempercepat proses buang air kecil  lebih cepat dari sebelumnya, sehingga memiliki manfaat bagi mereka yang memiliki gangguan susah buang air kecil.
  4. Semangka yang memiliki antioksidan yang bersifat untuk mencegah kanker. Kandungan antioksidan termasuk beta-karoten dan vitamin C dalam jumlah yang tinggi membantu sel-sel tubuh tetap sehat.
  5. Likopen dalam semangka juga menyumbangkan khasiat untuk meningkatkan gairah sexual pria. Buah semangka juga dipercaya mampu meningkatkan kesuburan.
  6. Bagi Anda yang sedang berdiet, buah semangka sangat dianjurkan untuk menunjang program diet Anda. Hal ini tidak terlepas dari tingginya kandungan serat dan juga bebas dari lemak.
  7. Buah semangka juga dapat digunakan sebagai obat penurun demam. Selain itu, semangka juga dapat mencegah sariawan dengan ampuh
  8. Semangka dapat mengintensifkan kerja jantung.
  9. Semangka mengandung sekitar 6% gula alami dan 92% air, juga kaya akan vitamin A, B6 dan C. Semangka merupakan sumber yang baik dari senyawa thiamin, kalium, magnesium, dan sejumlah besar citrulline – asam amino yang baik untuk tubuh

Semangka memang memiliki banyak sekali kandungan zat yang bermanfaat bagi kesehatan manusia. Sebenarnya, manfaat buah semangka tidak hanya terbatas di daging buahnya saja! Kulit semangka pun memiliki beragam manfaat yang sama dengan dengan daging buahnya. Untuk menyimpan semangka agar tidak mudah rusak, sebisa mungkin hindarkan permukaan buah yang telah dipotong dari udara bebas karena akan menyebabkan semangka lebih cepat busuk. Masukkan ke dalam kantor plastik kemudian simpan dalam lemari es untuk dapat dikonsumsi esok hari.

Referensi         :

  1. http://chinesemedicine.cbt9.com/blogs/efficacy-of-watermelon/
  2. http://yedilmangemore.blogspot.com/ (Img)

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie