Khasiat Minyak Ikan Salmon

minyak ikan salmonSebelum membahas mengenai khasiat minyak ikan salmon, pastinya kita pernah mendengar dan akrab dengan kata-kata “4 sehat 5 sempurna”. Ya, kalimat di atas memiliki makna makanan yang kaya akan kandungan protein, karbohidrat, lemak, sayuran, dan juga susu. Akan tetapi hal itu saat ini telah mulai tak dihiraukan lagi seiring dengan perkembangan hidup yang makin lama makin modern serta lebih praktis.

Seiring dengan adanya tansisi dari epidemiologi, tingkatan lemak juga ternyata ikut mengalami peningkatan. Contohnya adalah tingkat kolesterol plasma. Banyak orang yang sampai saat ini menderita stroke dan akhirnya pun berujung kepada kematian. Menurut data yang dihimpun oleh WHO pada tahun 2004 yang lalu, penyakit kardiovaskular menempati ranking pertama di dunia. Di dalam hal ini, keinginan serta kepedulian guna memperbaiki nutrisi yang kita asup tiap harinya amat penting. Selain itu, data dari WHO juga membuktikan bahwa hanya lemak dari ikan yang baik bagi tubuh kita, khususnya ikan salmon.

Hal yang membuat lemak ikan ini mempunyai banyak manfaat baik untuk tubuh yaitu karena lemak ikan ini terdiri dari Omega 3, yang mana kaya akan kandungan asam timnodonat dan juga asam servonat. Selama ini, dua jenis asam lemak ini dipercaya bisa memberikan efek yang sangat positif untuk kesehatan jantung kita.

Manfaat dari mengonsumsi lemak ikan salmon (omega 3):
•    Menurunkan tingkat kematian mendadak
•    Meminimalisir insiden stroke serta penyakit jantung
•    Menurunkan serangan jantung bagi para penderita diabetes
•    Efek anti inflamasi
•    Tulang menjadi lebih sehat
•    Menurunkan tekanan darah serta kolesterol
•    Fungsi otak berkembang
•    Antidepresi
•    Meningkatkan kekebalan tubuh
•    Mencegah penyakit kanker, asma, dan aterosklerosis

Ada beberapa tips untuk pemakan ikan salmon ini agar manfaat minyak ikan salmon tak hilang, yaitu ikannya sebaiknya tak kita goreng dalam memasaknya. Namun ada sedikit pengecualian untuk mereka yang memasak ikan salmon dengan cara memanaskannya di microwave sebab suhu 110oC sekitar 6 menit tak akan bisa merusak kandungan omega 3 pada ikan salmon.

Selain itu kita juga harus memperhatikan cara untuk memilih ikan salmon yang baik dari lingkungan tempat tinggal si ikan itu. Akan tetapi bagi ikan salmon, hal itu tak memberikan pengaruh kepada kandungan omega 3 yang ada di dalamnya. Kualitas ikan salmon yang dipelihara sama dengan kualitas ikan salmon yang hidup dengan bebas pada perairan.

Mengenai suplemen minyak ikan, memang selama ini kurang dianjurkan. Sebenarnya, memang bakal lebih baik bila kita dapat mengonsumsi ikan salmon secara langsung ketimbang mengonsumsi lemak omega 3 buatan sepeti halnya suplemen yang banyak beredar di pasaran. Namun kadangkala kita membutuhkan suplemen itu guna mencukupi kandungan omega 3 yang masih saja kurang.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie