Kikis Kolesterol Jahat Dengan Daun Jati Belanda

daun jati belandaDaun merupakan bagian dari tanaman yang kerap kali dimanfaatkan sebagai ramuan ataupun obat herbal. Salah satunya yaitu daun jati belanda. Mungkin sedikit terdengar agak asing bila dibandingkan tanaman herbal lain yang telah lama dikenal seperti daun sirih atau jahe, namun beragam manfaat yang dimiliki oleh tanaman yang satu ini tidak kalah dengan beberapa tanaman herbal tersebut. Dalam artikel ini, kami akan mencoba untuk menjelaskan tentang manfaat daun jatu belanda terutama untuk mengikis kolesterol jahat dalam tubuh.

Sejak berpuluh tahun yang lalu, nenek moyang kita di Indonesia khususnya yang tinggal di Pulau Jawa sudah lama mengenal serta menggunakan air rebusan dari daun jati belanda untuk dijadikan bahan baku jamu penurun berat badan dan pelangsing tubuh, atau yang dalam bahasa Jawa sering disebut dengan Galian Singset. Banyak studi yang sudah membuktikan bahwa daun jati belanda secara alami berkhasiat mampu menyusutkan berat badan bagi mereka yang ingin langsing. Akhir-akhir ini, daun jati ini diyakini mempunyai manfaat yang lebih daripada itu saja, yaitu memiliki potensi guna dikembangkan menjadi bahan herbal pengontrol kolesterol dalam darah.

Menaikkan Kadar HDL Dalam Darah

Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan, penggunaan ekstrak dari daun jati belanda mampu memberikan pengaruh signifikan terhadap kadar lipid darah yaitu LDL, TPC, Trigliserida, serta HDL. Kadar LDL, TPC serta trigliserida pada subjek yang tidak mengkonsumsi daun jati belanda terlihat lebih tinggi bila dibandingkan dengan yang mengkonsumsi herbal ini.

Penggunaan dari ekstrak daun jati ini juga memberikan dampak secara signifikan kepada peningkatan kadar HDL. HDL ini bisa menurunkan kadar kolesterol di dalam sel tubuh kita dengan cara mengambil kelebihan kolesterol dari seluruh jaringan untuk lalu diproses lebih lanjut di dalam hati kemudian dikeluarkan bersama dengan cairan empedu. HDL ini mempunyai efek yang protektif kepada pembuluh darah di jantung kita.

Lebih jauh lagi, dari hasil penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa manfaat daun jati belanda ini memang terbukti sanggup menurunkan kadar lipid di dalam darah. Hal ini berarti bahan herbal tersebut dapat dijadikan sebagai obat herbal alternatif anti hyperlipidemia. Fakta tersebut dalam beberapa tahun belakangan ini direspon positif oleh para pengusaha jamu dengan cara mengembangkan produk dengan bahan baku daun jati ini. Tak mengherankan bila saat ini banyak beredar luas produk olahan fitofarmaka dengan bahan dasar herbal ini, seperti di dalam bentuk serbuk pada kapsul ataupun seduhan, seperti halnya teh. Produk herbal yang kaya akan kandungan daun jati ini yang sudah beredar luas di pasaran adalah PROLIPID yang diproduksi oleh PT Indofarma Tbk. Selain memiliki bahan baku daun jati belanda ini, produk ini juga kaya akan kandungan bahan herbal lainnya seperti daun kemuning serta daun tempuyung.

Share This Post

Recent Articles

One Response to “Kikis Kolesterol Jahat Dengan Daun Jati Belanda”

  1. Teh Herbal says:

    Berguna Sekali Infonya. Terima kasih sudah berbagi. Semoga yang posting artikel ini semakin sukses. Aminn…

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie