Makanan yang Mengandung Asam Folat

Advertisements


makanan yang mengandung asam folatAsam folat  merupakan salah satu jenis Vitamin B juga dikenal sebagai folatat aufolacin. Manfaat Asam folat sangat diperlukan bagi kesesehatan untuk membantu mencegah cacat lahir pada janin, membantu tubuh pada saat proses metabolisme protein, dan membangun sel-sel darah merah yang sehat, serta menurunkan kadar homocysteine (asam amino yang dapat meningkatkan resiko penyakit jantung). Kebutuhan asam folat pada orang dewasa adalah sekitar 400 mikrogram setiap harinya. Untuk mencukupi kebutuhan harian tersebut dianjurkan agar sumbernya berasal dari makanan yang mengandung asam f olat dan bukan dari suplemen. Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat lebih banyak pada diet mereka, karena asam folat dapat membantu mengurangi resiko cacat lahir pada janin yang belum lahir.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung asam folat :

Sayur dan Buah-Buahan

  • Sayuran merupakan sumber yang sangat baik untuk mencukupi kebutuhan asam folat harian. Sayuran terutama yang berwarna hijau seperti : bayam, brokoli, selada air, asparagus, bit, rumput laut, merupakan sumber utama asam folat.
  • Beberapa buah-buahan mengandung sejumlahbesar asam folat. Beberapa buah tersebut meliputi pepaya, jeruk, stroberi, raspberry dan blewaha. Anda dapat menambahkan buah ini dalam diet dan mendapatkan manfaat asam folat secara maksimal.
  • Khusus untuk buahjeruk, selain mengandung vitamin C, juga banyak mengandung asam folat. Mengkonsumsi satu buah jeruk sehari mampu mencukupi 20%  asupan asam folat perharinya.

Padi dan Kacang-Kacangan

  • Kacang merupakan salah satu makanan yang mengandung asam folat yang sangat direkomendasikan. Hal ini tidak terlepas dari mudahnya untuk mendapatkan kacang-kacangan di pasaran. Beberapa jenis kacang yang sangat direkomendasikan adalah kacang hijau, biji bunga mataharri dan lentil.
  • Padi-padian juga diketahui sebagai manakan yang cukup banyak mengandung asam folat. Jenis seperti beras merah, beras hitam, dan gandum merupakan jenis makanan yang sangat direkomendasikan untuk ibu hamil karena kandungan asam folatnya yang cukup tinggi.

Sumber Lainnya

  • Selain buah, sayur, padi, dan kacang-kacangan di atas masih terdapat beberapa sumber asam folat lainnya yang berasal dari protein hewani. Jenis makanan seperti telur, hati sapi, dan susu merupakan sumber asam folat yang berasal dari hewan.

Perhatian !

Meskipun asam folat memiliki manfaat yang sangat baik bagi kesehatan, namun dalam mengkonsumsinya jangan terlalu berlebihan. Saran dari ahli kesehatan menyebutkan bahwa asupan yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 1.000 mcg per hari. Terlalu banyak mengkonsumsi asam folat bisa menyebabkan kerusakan saraf atau kekurangan vitamin B12.

Jangan lupa bahwa asam folat adalah jenis vitamin yang sangat sensitif terhadap cahaya, oksigen dan suhu tinggi. Untuk itu, agar mendapatkan hasil yang paling optimal disarankan mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat dalam kondisi mentah seperti salad. jangan memasak makanan terlalu lama untuk mencegah berkurangnya kandungan asam folat.

 

Referensi         :

  1. http://www.ehow.com/facts_5019752_foods-contain-folic-acid.html
  2. http://www.ehow.com/facts_5148425_type-foods-contain-folic-acid.html

Advertisements


Share This Post

Recent Articles

One Response to “Makanan yang Mengandung Asam Folat”

  1. listyo says:

    informasi artikael yang sangat menarik semoga bermanfaat untuk orang banyak ,maju terus…

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close