Makanan yang Terbaik untuk Kesehatan Mata

Mata merupakan salah satu panca indera manusia yang sangat penting. Jangan sampai kita mengalami kerusakan mata yang berujung pada kebutaan, karena jika hal tersebut terjadi kita bukan hanya tidak dapat melihat dan menikmati keindahan alam semesta tapi juga kita akan merasa dunia serasa runtuh. Namun pada kenyataannya kita sering abai untuk melakukan perawatan pada mata, padahal sama halnya dengan bagian tubuh lain, mata bisa terkena gangguan atau mengalami masalah kesehatan. Gangguan-ganguan tersebut bisa diakibatkan oleh udara yang kotor akibat polusi, paparan sinar matahari, akibat terlalu lama berada di depan komputer, serta gangguan-gangguan lainnya.

menjaga kesehatan mata

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Eye Disease Prevalence Research Group pada tahun 2004 menyebutkan bahwa pada tahun 2020 diperkirakan jumlah penderita penyakit mata serta kebutaan di dunia akan mencapai angka 55 juta jiwa. Penelitian ini juga menyebutkan bahwa penyakit pada mata serta kebutaan akan meningkat terutama pada orang yang telah berusia lanjut yakni di atas 65 tahun. Orang yang berusia 80 tahun keatas yang merupakan 8% dari total jumlah penduduk, akan mengalami kebutaan hingga 69%. Gangguan kesehatan yang terjadi pada mata yang paling banyak terjadi adalah turunnya fungsi penglihatan, gejala mata merah tanpa disertai penurunan fungsi penglihatan, dan mata merah yang disertai fungsi penglihatan turun.

Hingga saat ini, penyakit yang menyerang mata yang banyak dialami oleh masyarakat adalah glukoma, katarak, dan infeksi. Seiring dengan meningkatnya perhatian, kesadaran, dan pengetahuan pengaruh gizi terhadap tubuh, khususnya terhadap kesehatan mata mengakibatkan pesatnya pertumbuhan pasar terhadap produk-produk yang dapat menunjang mata yang sehat. Sebagian besar dari produk-produk tersebut ditawarkan dalam bentuk suplemen. Namun cara menjaga mata yang terbaik salah satunya adalah dengan memperhatikan makanan yang kita konsumsi

Berikut beberapa makanan yang mampu menunjang kesehatan mata Anda:
1. Alpukat

Alpukat mengandung banyak lutein dan juga kaya akan vitamin E. Alpukat memiliki kandungan nutrisi yang bisa menyehatkan mata Anda.

2. Telur

Telur, terutama kuning telur memberikan beberapa nutrisi yang diperlukan untuk kesehatan mata. Mengkonsumsi sebutir telur setiap hari dapat meningkatkan tingkat lutein dan zeaxanthin dalam darah.

3. Bawang

Bawang putih dapat meningkatkan sistem imun, menyembuhkan demam, menurunkan kadar kolesterol jahat. Tentu saja hal ini sangat baik untuk kesehatan mata. Baik bawang putih maupun bawang merah kaya akan sulfur yang dibutuhkan tubuh untuk menghasilkan glutathione yang merupakan antioksidan yang bagus untuk lensa mata.

4. Ikan salmon

Salmon seringkali disebut sebagai makanan yang baik untuk kesehatan otak. Namun vitamin A, D, dan omega-3 yang dikandung oleh salmon tidak hanya bagus untuk otak, tetapi juga mata dan seluruh tubuh.

makanan untuk mata
5. Sayuran dan Buah

Teutama sayuran hijau seperti bayam, kale, sawi, brokoli, dan kubis mengandung banyak vitamin dan mineral termasuk folic acid, vitamin A, B12, vitamin C, kalsium, dan kaya akan karotenoid (terutama lutein dan zeaxathin). Untuk mendapatkan manfaat terbaik, sayuran hijau tidak boleh dimasak terlalu lama/matang agar tidak kehilangan kandungan nutrisinya. Wortel dan buah jeruk juga sangat baik untuk membantu memberikan nutrisi yang dibutuhkan bagi mata.

 

Share This Post

Related Articles

One Response to “Makanan yang Terbaik untuk Kesehatan Mata”

  1. sehat adalah modal utama, sehat itu mahal maka dengan sepantasnya kita menjaganya. banyak penyakit-penyakit yang mematikan seiring dengen perkembangan zaman. bisa kita lihat beberapa tips kesehatan di <a href="ps-ik.gunadarma.ac.id">ilmu kedokteran </a>

Leave a Reply

© 2017 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie