Manfaat Buah Jengkol

Manfaat Buah JengkolJengkol merupakan jenis kuliner yang unik sebab banyak digemari sekaligus dijauhi. Jengkol memiliki rasa yang khas serta aroma yang tajam. Bagi sebagian orang, aroma jengkol tak bersahabat di hidung. Namun bau ini tetap tidak menghalangi penikmat jengkol untuk terus mencicipi tanaman dari jenis polong-polongan ini. Manfaat buah jengkol yang selama ini dikenal masyarakat luas hanya sebatas lauk pauk atau pelengkap kuliner lalapan. Tak banyak yang mengetahui bahwa kandungan nutrisi jengkol cukup banyak.

Kulit Dan Biji Jengkol

Selama ini kita terlanjur beranggapan bahwa bagian paling penting dari buah jengkol adalah biji bagian dalam. Memang, bagian tersebutlah yang bisa diolah menjadi aneka ragam menu masakan. Namun tahukah Anda bahwa ternyata kulit jengkol yang biasanya dijadikan pakan ternak juga memiliki sederet manfaat. Ada banyak penelitian yang membedah manfaat buah jengkol. Hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa kulit jengkol bisa diolah menjadi obat untuk ketombe bahkan diabetes mellitus. Manfaat lainnya adalah sebagai pestisida alami serta sering juga digunakan sebagai obat nyamuk.

Selain kulit, bagian paling utama dari buah jengkol tentunya biji buah jengkol. Biji ini juga tak kalah bermanfaatnya dari sang kulit. Jengkol mengandung protein yang jauh lebih tinggi dibanding tempe. Tidak hanya itu, jengkol juga memiliki kandungan zat besi, fosfor, serta kalsium dalam jumlah yang besar. Karenanya, manfaat buah jengkol lainnya adalah memperkuat tulang serta gigi, juga sebagai sarana penyimpan serta pengeluaran energi. Kandungan zat besi pada jengkol yang tinggi disinyalir sangat baik untuk menghindarkan wanita dari gejala anemia .

Olahan Jengkol

Untuk menikmati dan mendapatkan khasiat jengkol, Anda tak perlu lagi berperang dengan bau atau rasa yang tidak ramah di lidah Anda. Saat ini telah banyak industry rumahan yang mengolah jengkol menjadi produk makanan yang lebih nikmat di lidah. Sebut saja keripik berbahan dasar jengkol. Keripik ini nyaris tanpa bau. Rasanya juga gurih dan nikmat. Kandungan nutrisinya juga masih bisa dirasakan. Jadi bagi Anda yang tak sanggup berdekatan dengan jengkol, bisa mencicipi keripik pun kerupuk berbahan jengkol.

Meskipun selama ini jengkol selalu diidentikkan dengan kelas sosial rendah, namun pada kenyataannya, nustrisi yang dikandung oleh buah jengkol jauh di atas makanan dengan harga yang mahal. Beragamnya manfaat buah jengkol harusnya bisa diamanfaatkan sebagai salah satu alternatif memerangi isu gizi buruk yang melanda beberapa wilayah di negeri ini. Ada banyak tanaman dengan nutrisi lengkap yang tumbuh di sekitar kita. Salah satunya adalah jengkol. Tugas Pemerintah selanjutnya adalah memberikan sarana edukasi serta informasi pada masyarakat mengenai sumber nutrisi yang murah. Sehat tak selalu  harus mahal kok!

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie