Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

Advertisements


manfaat buah nangkaDari sekian banyak jenis buah yang ada di tanah air, buah nangka merupakan salah satu jenis buah yang cukup populer. Hal ini tidak terlepas dari bentuk buahnya yang unik, rasanya lezat, serta kaya akan nutrisi  dan serat. Sama seperti buah-buahan tropis pada umumnya, salah satu manfaat buah nangka yakni kaya akan energi. Namun demikian, buah yang satu ini tidak mengandung lemak jenuh atau kolesterol. Hal ini membuat buah nangka menjadi salah satu buah yang sehat untuk dikonsumsi setiap hari.

Morfologi Buah Nangka

Buah nangka atau yang dalam bahasa Inggris dikenal dengan sebuat Jack Fruit merupakan salah satu buah yang sangat populer di wilayah Asia. Tanaman buah nangka masih tergolong dalam famili Moraceae, genus: Artocarpus dan masih berkaitan erat dengan buah ara, murbei dan sukun

Pohon nangka diyakini berasal dari hutan hujan Barat Daya India. Di daerah tropis seperti India, Thailand, Malaysia, Indonesia dan Brasil buah nangka banyak dibudidayakan dengan baik. Pohon buah nangka tumbuh maksimal pada iklim lembab dan hujan tropis. Pada kondisi dingin, tanaman buah nangka tidak dapat berkembang secara maksimal. Bentuk Pohon nangka sangat besar dan dapat tumbuh sampai setinggi 30 meter, lebih tinggi dari pohon mangga.

Selama satu musim, setiap pohon dapat berbuah hingga ratusan buah. Ukuran dan berat buah yang dihasilkan sangat bervariasi mulai dari 3 kg sampai 30 kg, dan memiliki bentuk persegi panjang atau bulat berukuran panjang 10 – 60 cm dan berdiameter 25 – 75 cm. Buah nangka yang mentah berwarna hijau, pada saat matang warnanya menjadi kuning hingga coklat. Jika sudah masak, daging buahnya memiliki rasa yang sangat manis.

Seperti buah durian, permukaan luar buah ditutupi dengan duri yang tumpul dan akan menjadi lembek ketika buahnya matang. Bagian dalamnya berwarna oranye-kuning. Biji nangka panjangnya 2 sampai 4 cm, tebalnya  1 sampai 3 cm berwarna putih.

Manfaat Buah Nangka bagi Kesehatan

1. Sumber Energi yang Baik

Ada banyak sekali manfaat buah nangka bagi kesehatan, salah satunya adalah memiliki kandungan gula yang cukup tinggi yang meliputi fruktosa dan sukrosa. Kedua zat ini apabila dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dapat mengisi ulang energi dan merevitalisasi tubuh secara langsung.

2. Kaya Akan Serat

Buah Nangka diketahui memiliki kandungan serat makanan yang tinggi, sehingga dapat menjadi obat pecahar yang baik. Isi serat membantu  untuk melindungi membran mukosa usus dengan mengurangi waktu paparan dan serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

3. Mengandung Vitamin A

Buah nangka yang segar memiliki sejumlah kecil vitamin pigmen-A dan flavonoid seperti karoten-ß, xanthin, lutein dan cryproxanthin-ß. Secara bersama-sama, senyawa ini memberikan peran penting dalam antioksidan dan fungsi penglihatan. Vitamin A juga dibutuhkan untuk menjaga integritas selaput lendir dan kulit. Mengkonsumsi buah-buahan alami yang kaya vitamin A dan karoten-dapat melindungi dari kanker paru-paru dan kanker rongga mulut.

4. Sumber Vitamin C dan Antioksidan

Buah nangka juga merupakan sumber yang baik dari antioksidan vitamin C-, menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA. Mengkonsumsi makanan yang kaya vitamin C dapat membantu tubuh mengembangkan resistensi terhadap agen infeksi dan radikal bebas berbahaya.

5. Sumber Vitamin B

Manfaat buah nangka selanjutnya adalah buah yang kaya akan Vitamin B-kompleks, memiliki kandungan vitamin B-6 (pyridoxine), niacin, riboflavin, dan asam folat. Buah nangka segar merupakan sumber potasium, magnesium, mangan, dan besi. Kalium merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Advertisements


Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close