Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Manfaat Daun KemangiKemangi atau yang bernama latin Ocimum Sanctum merupakan tanaman yang mudah ditemui di mana-mana. Tak jarang ibu-ibu rumah tangga menanamnya di pekarangan rumah. Jenis tanaman yang satu ini memang gampang tumbuh. Bahkan di pinggir jalan raya sekalipun. Kemangi dengan bau yang khas banyak digemari khususnya para penikmat lalapan. Kemangi juga biasa disantap bersama sambal. Rasanya yang khas memang terbukti menambah nikmat makanan. Tapi tahukah Anda, bahwa manfaat daun kemangi tak hanya sebatas penambah rasa melainkan juga sebagai tanaman obat?

Kemangi Di Berbagai Belahan Dunia

Jika di Indonesia, kemangi lazim digunakan sebagai penambah cita rasa makanan, maka tidak di Negara lain. Manfaat daun kemangi cukup beragam di masing-masing Negara. Misalnya di India, kemangi dianggap sebagai tanaman suci dan digunakan sebagai salah satu pelengkap seremonial keagamaan. Selain itu, ada beberapa kalangan yang mengkonsumsi kemangi layaknya teh yang diseduh air panas. Tradisi teh kemangi di India ini rupanya sama dengan tradisi di Afrika.

Lain halnya di Eropa, di sana kemangi dimanfaatkan sebagai tanaman perlambang cinta. Bahkan dahulu di Perancis, kemangi dianggap sebagai tanaman khas kerajaan. Sementara itu bagi penduduk Eropa modern, kemangi lebih sering digunakan sebagai campuran berbagai produk kecantikan. Kemangi biasanyanya disuling dan sari patinya yang berupa minyak Astiri kemudian menjadi bahan campuran sabun mandi, body lotion, minyak aroma terapi dan masih banyak lagi lainnya.

Si Wangi Yang Menyehatkan

Secara klinis, daun kemangi terbukti mengandung banyak zat yang bermanfaat untuk kesehatan manusia. Kemangi menyimpan betakaroten dan magnesium dalam setiap helai daunnya. Kedua zat ini merupakan mineral yang penting bagi tubuh. Berkat kandungan inilah sehingga kemangi banyak dijadikan sebagai bahan obat tradisional.

Secara empiris memang terbukti bahwa kemangi bisa menyembuhkan berbagai penyakit antara lain penyakit diare, nyeri pada payudara, migraine, albuminaria, semebelit, diare, flu, gangguan ginjal, cacingan, dan masih banyak lagi penyakit lainnya. Istimewanya, selain ampuh mengobati penyakit, manfaat daun kemangi lainnya adalah sebagai antibiotik alami dan bahkan bisa dijadikan obat pengusir nyamuk.

Kemangi Dan Organ Reproduksi

Kemangi selama ini juga dikenal sebagai alternatif pengobatan untuk alat reproduksi baik pria maupun wanita. Untuk pria, kemangi disinyalir mengandung  senyawa bernama arginie yang memang terbukti memperkuat sperma, membentengi kemandulan serta mereduksi gejala ejakulasi dini pada pria. Sedangkan untuk wanita, kemangi dikenal sebagai obat untuk menghilangkan keputihan sebab daunnya mengandung senyawa anetol serta boron. Kedua senyawa ini diketahui mampu merangsang kerja hormone estrogen. Selain itu, kemangi juga mengandung eugenol yang ampuh membunuh jamur yang merupakan biang keputihan.

Beragam manfaat daun kemangi memang membuat banyak orang tertarik. Sebab tumbuhan nikmat ini mudah dijumpai di mana-mana. Meskipun saat ini kemangi belum dikembangkan secara serius, namun bukan penghalang bagi Anda untuk mendapatkan khasiatnya. Mulailah menanam kemangi dari pekarangan Anda sediri. Dengan begitu, secara tidak langsung Anda telah menyulap bagian dari rumah Anda menjadi apotek hidup yang bermanfaat bagi keluarga.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie