Manfaat Gandum Untuk Kesehatan

manfaat gandumGandum merupakan salah satu pangan yang kaya akan gizi, terutama karbohidrat, protein, serat, dan vitamin A. Oleh karena gandum mudah dicerna dan cukup membuat kenyang, tidak jarang orang yang mengoptimalkan manfaat gandum ini dengan memasukkannya ke dalam menut diet sehari-hari. Menurut beberapa penelitian, daerah lembaga menjadi bagian terbesar dari gandum yang paling kaya akan gizi. Bagian lembaga tersebut mengandung 80-85% karbohidrat, protein, serat, vitamin B1 (thiamin), vitamin E, dan beberapa mineral (trace element). Di industri pangan, gandum menjadi bahan baku yang sangat penting dalam pembuatan berbagai produk pangan, seperti roti, mie, biskuit, pasta, tepung terigu, oatmeal, dan lain –lain.

Berikut beberapa manfaat gandum untuk kesehatan:

1. Mempelancar pencernaan

Biji gandum mengandung komposisi serat yang cukup tinggi. Sebagaimana diketahui bahwa serat sangat membantu dalam menangani berbagai masalah gangguan pencernaan seperti susah buang air besar dan berperan untuk mengikat lemak jenuh yang berasal dari makanan. Selain itu, kandungan lainnya adalah keberadaan komponen prebiotik yang sangat baik untuk menunjang kesehatan saluran pencernaan. Prebiotik pada gandum berperan menunjang kesehatan saluran pencernaan dengan cara meningkatkan pertumbuhan bakteri baik yang ada di dalam usus. Dengan meningkatnya pertumbuhan bakteri baik tersebut, maka pertumbuhan bakteri patogen atau yang merugikan dapat dihambat.

2. Diet

Berbeda dengan nasi yang hanya tinggi karbohidrat namun rendah protein dan serat, biji gandum mengandung cukup karbohidratnya dan juga mengandung komponen gizi lain dengan kadar tinggi. Beberapa nutrisi yang terkandung di dalam gandum antara lain protein, serat, dan beragam mineral. Komposisi ini sangat baik sekali menjadikan gandum sebagai bahan pangan untuk program diet bagi orang-orang yang memiliki masalah kelebihan berat badan, juga terhadap sebagian orang yang terjangkit penyakit tertentu.

3. Baik untuk penderita jantung dan kolesterol

Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa manfaat gandum lainnya adalah mampu mencegah penyakit jantung koroner. Seperti diketahui bahwa penyebab timbulnya penyakit jantung ini dikarenakan oleh tersumbatnya pembuluh darah yang menuju ke jantung karena adanya kolesterol (LDL). Akibatnya, darah yang mengantarkan oksigen dari paru-paru menuju jantung tidak berjalan dengan baik. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi rutin gandum kejadian tersebut dapat dihindari. Hal ini disebabkan karena pada gandum terdapat serat yang mampu mengikat kolesterol, dan langsung dibuang ke dalam saluran pembuangan (usus besar) tanpa diserap oleh usus halus. Gandum juga mengandung asam folat yang mampu mengurangi kelebihan kolesterol dalam darah.

4. Mencegah penyakit diabetes

Gandum yang telah diolah menjadi beragam produk pangan umumnya memiliki kandungan gula yang rendah. Bahkan kandungan gula dalam berbagai produk gandum masih lebih rendah jika dibandingkan dengan sumber karbohidrat lainnya, seperti beras. Dengan begitu bagi anda yang mempunyai masalah dengan kadar gula darah seperti penderita diabetes,berbagai produk gandum dapat dijadikan alternatif dalam menu diet harian.Meskipun karbohidrat yang terkandung dalam gandum rendah, namun telah cukup untuk mensuplai energi untuk aktivitas sehari-hari anda. Terutama, baik untuk penderita diabetes tanpa takut merasa kuatir akan naikkan kadar gula darah.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie