Mari Belajar Mengenal Rangkaian Listrik Seri

Advertisements


Jika Anda merasa sebagai kaum urban yang tak bisa lepas dari gadget, tak ada salahnya berterimakasih pada listrik. Tanpa energi listrik, semua gadget dan peralatan elektronik Anda tentu hanya sekedar pajangan, bukan? Listrik memang merupakan salah satu pilar modernism. Dengan adanya listrik, dunia seolah jauh lebih mudah. Sayangnya, meski listrik penting namun tidak semua orang mengerti konsep dasar listrik. Tahukah Anda bahwa energi listrik dibagi atas dua jenis? Pertama listrik statis dan kedua listrik dinamis. Jenis listrik yang kita gunakan dalam keseharian kita adalah listrik dinamis. Listrik dinamis ini merupakan listrik yang memiliki arus karena bisa bergerak. Untuk menyalurkan arus tersebut, kita menggunakan serangkaian  medium termasuk kabel. Susunan perangkat tersebut kemudian kita kenal dengan rangkaian paralel, seri dan campuran. Pada artikel ini, kita akan mendalami rangkaian listrik seri.

Apa Yang Dimaksud Rangkaian Listrik Seri?

Tidak ada defenisi baku soal rangkaian listrik seri. Hanya saja, dilihat dari polanya, rangkaian listrik seri bisa dikatakan sebagai sebuah rangkaian yang disusun secara seri. Dalam susunanya, komponen input langsung berasal dari output komponen lain. Dengan demikian, salam rangkaian yang satu ini tidak diperlukan banyak kabel penghubung. Hal ini kemudian menjadi salah satu kelebihan dari rangkaian listrik seri dimana biaya yang  digunakan jauh lebih sedikit.

Untuk memahami susunan rangkaian seri, silahkan simak gambar berikut ini:


Dari gambar bisa dilihat bahwa lampu yang disusun tersebut menggunakan rangkaian listrik seri sebab komponennya disusun secara berderet. Artinya tidak ada percabangan arus di dalam rangkaian ini. Meski dalam setiap percobaan listrik seri selalu melibatkan lampu namun pada kenyataannya, di dalam kehidupan sehari-hari, yang paling banyak diaplikasikan dalam hal pemasangan lampu adalah rangkaian parallel. Mengapa? Sebab jika di rumah Anda menggunakan rangkaian listrik seri maka apabila salah satu lampu dimatikan maka lampu lainnnya juga mati sebab sumber energinya memiliki aliran yang sama. Hal ini merupakan kelemahan utama dari rangkaian listrik seri.

Selain tidak praktis, hal merugikan lainnya dari rangkaian listrik seri adalah cahaya lampu yang dihasilkan tidak lah terang atau redup jika dibandingkan dengan rangkaian listrik parallel. Hal ini dikarenakan susunan rangkaian seri adalah 1R + 1R + 1R sedangkan rangkaian parallel adalah 1/R + 1/R + 1/R. Meski demikian, rangkaian seri ini tidak rumit sehingga mudah disusun dan seperti yang disebutkan tadi, lebih murah.

Penggunaan Rangkaian Listrik Seri

Pada dasarnya dalam kehidupan sehari-hari, utamanya di rumah, rangkaian listrik yang mengakomodir arus energi untuk penerangan merupakan gabungan dari rangkaian listrik seri dan juga rangkaian listrik parallel. Rangkaian ini dikenal juga dengan nama rangkaian listrik campuran. Dengan demikian, kedua jenis rangkaian ini akan saling melengkapi satu sama lainnya.

Selain dalam sistem penerangan, rangkaian listrik seri juga digunakan dalam keseharian kita, antara lain:

  1.  Silahkan perhatikan lampu hias pohon natal yang ada di rumah Anda. Rangkaian yang digunakan adalah jenis seri. Jadi jangan heran saat dimatikan, semua lampu padam. Hal ini dikarenakan susunannya memang berderet tidak sejajar.
  2. Tube Lamp atau lampu TL juga menggunakan rangkaian listrik seri, utamanya model lama yang masih memakai ballast. Pada bagian dalam kotaknya, terdapat susunan seri yang ada pada jala dan ballast.
  3. Rangkaian listrik seri juga bisa dijumpai di berbagai alat elektronik yakni kulkas, kipas angin, AC, setrika, dan lain-lain.

 

Advertisements


Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close