Mari Mengenal 1001 Manfaat Buah Nanas

Ananas comosus (L.) Merr. atau yang lazim dikenal dengan nama nanas, merupakan buah khas wilayah tropis yang kabarnya berasal dari Brasil. Buah dengan sisik kasar ini digolongkan sebagai salah satu kerabat Bromeliaceae atau nanas-nanasan. Dalam bahasa Inggris, buah nanas dikenal dengan nama pineapple. Pemberian nama ini bukan tanpa sebab.Pineapple melekat pada nanas sebab ia memang menyerupai pohon pinus. Di Indonesia, buah nanas merupakan salah satu buah yang mudah dijumpai. Harganya pun cukup ramah di kantong. Pernah mencoba rasa buah nanas? Segar dan nikmat! Ia kaya akan air jadi sangat cocok dijadikan santapan pelepas dahaga. Tapi tunggu dulu! Jika Anda berpikir nanas hanya sekedar nikmat, maka Anda salah! Sebab di balik rasanya yang khas, ternyata manfaat buah nanas cukup beragam. Wow!

 
Kandungan Buah Nanas

 
Sebelum mengurai apa saja manfaat buah nanas, rasanya penting untuk membedah senyawa penting yang ada di balik kesegaran buahnya. Apa saja? Pada dasarnya buah nanas mengandung air yang banyak bahkan sampai 90%! Selain it ia juga diketau mengandung sejumlah zat penting antara lain:

  • Kasium
  • Kalium
  • Iodium
  • Sulfur
  • Asam
  • Biotin
  • Vitamin B12
  • Khlor
  • Vitamin E
  • Vitamin C
  • Enzim Bromelin
  • dan masih banyak lagi lainnya

Kompleksnya kandungan buah nanas ini membuat khasiatnya juga semakin beragam. Apa saja?

 
Manfaat Buah Nanas

 
Nanas mudah dijumpai di pasar tradisional maupun modern, karena itu bukan perkara yang sulit bukan memasukkan nanas ke dalam daftar buah konsumsi harian Anda. Jika dimakan secara teratur, Anda akan mendapatkan manfaat penting sebagai berikut:

  1. Nanas mampu membantu sistem pencernaan dan juga memulihkan kondisi setelah sakit jauh lebih cepat dari biasanya. Hal ini terkait dengan kandungan enzim bernama bromelain di dalam nanas. Ia sangat baik dalam menyegarkan tenggorokan serta menyehatkan pencernaan manusia. Selain itu, enzim ini juga memiliki kemampuan memecah protein sehingga lebih mudah diabsorbsi oleh tubuh kita. Bromelain ini juga dikenal sebagai salah satu penyembuh luka terbaik dan ampuh mengatasi paradangan pada bagian dalam tubuh manusia. Karena itu jangan heran jika kemudian selepas operasi dokter menyarankan pasien mengkonsumsi nanas.
  2. Sebagai buah untuk detoks. Manfaat nanas yang satu ini sudah lama diketahui. Sumbernya masih dari enzim bromelain. Ia memang mampu membersihkan bagian dalam tubuh dengan cara mengurangi tingkat keasaman di dalam darah dan menaikkan kadar basa. Hal ini kemudian sangat membantu dalam mengurangi efek penyakit endema sebab dengan naiknya kadar basa maka cairan di dalam tubuh akan berkurang.
  3. Nanas juga mengandung asam asparatic yang melimpah. Jenis asam yang satu ini memiliki peranan layaknya asam amino. Karena itu, ia juga sangat baik dalam mengoptimalkan metabolisme di dalam tubuh manusia. Selain itu, asam yang satu ini juga ternyata mampu membuang ammonia yang dikenal sebagai senywa berbahaya bagi tubuh manusia.
  4. Menguatkan kekebalan tubuh. Manfaat nanas yang satu ini berusmber dari kandungan asam amino esensial maupun non-esensial yang ada di dalam buah berwarna kuning cerah ini. Kedua senyawa tersebut memang sudah lama dikenal ampuh menguatkan kekebalan tubuh serta membantu tubuh mengatasi rasa lelah.
  5. Sementara itu zat bernama valine dan juga leucine yang ada di dalam nanas sangat dibutuhkan oleh tubuh dalam proses pertumbuhan serta meregenerasi jaringan otot.
  6. Zat lainnya yang ada di dalam nanas bernama proline. Ia sangat dibutuhkan  dalam mempertahankan kekuatan serta fungsi sendi dan juga otot tendon. Zat ini juga secara medis terbukti bisamenguatkan organ jantung manusia.
  7. Senyawa bernama Cystine yang tersimpan di dalam nanas diketahui mampu merangsang pembentukan jaringan kulit baru yang lebih sehat. Ia juga bisa menyuburkan dan memelihara kekuatan rambut. Selain itu, senyawa Cystine ini sangat baik dalam melindungi diri dari gejala penuaan dini.
  8. Manfaat buah nanas selanjutnya adalah membantu mengatasi gejala dehidrasi serta memenuhi kebutuhan vitamin C dan juga vitamin lainnya.
  9. Buah nanas terbukti sangat baik dalam membatu program diet seseorang. Kandungan di dalamnya mampu menurunkan berat badan secara alamiah. Caranya cukup mudah, siapkan satu buah nanas yang telah mengkal. Kupas dan bersihkan dengan benar. Setelah itu haluskan dan ambil airnya. Minum air nanas tersebut dua kali dalam sehari dengan tanpa mencampurkannya dengan bahan lain.
  10. Manfaat nanas selanjutnya adalah membantu mengobati penyakit radang teggorokan. Caranya mudah, ambil dua buah nanas yang telah masak betul dan bersihkan. Haluskan dengan cara dijus atau diparut. Ambil airnya dan minum 3 kali dalam sehari.
  11. Mengusir kembung. Manfaat buah nanas lainnya adalah mengatasi gangguan kembung di dalam perut. Caranya cukup mudah, minum jus nanas murni paling tidak 30 menit sebelum Anda menyantap makanan. lakukan 3 kali dalam sehari dengan takaran 150 cc sekali minum.
  12. Nanas bisa mengatasi gangguan pada kulit. Untuk peradangan, cukup potong buah nanas dan gosokkan perlahan di kulit yang bermasalah. Setelah itu diamkan sebentar dan bilas bersih. Jika Anda mendapat luka bakar, gunakan daun nanas saja. Sebab enzim di dalamnya bisa melenyapkan bekas luka bakar. Caranya, cukup dilumatkan dan diaplikasikan pada kulit yang luka.
  13. Manfaat buah nanas lainnya adalah mengusir ketombe bandel dari kepala. Caranya gampang, ambil air buah nanas dan campurkan dengan air jeruk nipis secukupnya. Setelah itu aplikasikan di kepala. Biarkan selama 30 menit dan kemudian bilas bersih. Lakukan secara teratur agar hasilnya maksimal.

 

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie