Memahami Lebih Jauh Pengertian Listrik Statis

Listrik merupakan energi yang sangat penting keberadaannya di dunia ini. Tanpa listrik, manusia mungkin akan kembali ke masa pra sejarah dimana segala dilakukan dengan menggunakan tenaga makhluk hidup. Listrik merupakan motor penggerak kemajuan di berbagai bidang. Oleh sebab itu, penting untuk memahami segala sesuatu yang berkaitan dengan kelistrikan. Tahukah Anda bahwa benda-benda yang ada di sekeliling Anda boleh jadi menyimpan energi listrik yang Anda tak pernah duga sebelumnya? Energi tersebut memang tidak sekuat listrik yang Anda pergunakan di rumah sehari-hari, namun energi listrik yang demikian bisa  terlihat dengan beberapa percobaan. Gejala ini disebut dengan istilah Listrik Statis atau  Electrostatic. Untuk memahami pengertian listrik statis lebih mendalam, berikut kami sajikan uraiannya.

Apa Sebenarnya Listrik Statis Itu?

Berbicara mengenai pengertian listrik statis, maka kita akan masuk ke dalam beberapa pemikiran para ahli. Pengertian fenomena ini sendiri ada beragam. Namun secara umum bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan listrik statis adalah sejumlah energi yang dipunyai oleh benda-benda di sekitar kita yang mengandung muatan listrik. Muatan tersebut boleh jadi positif maupun negatif.

Ada banyak benda di sekeliling kita yang menyimpan energi listrik statis. Benda tersebut terususun atas sejumlah atom dimana pada setiap atom tersebut terdiri atas elektron dan proton. Proton sendiri bersifat positif sementara elektron memiliki muatan listrik yang bersifat negatif. Saat kita mempertemukan dua benda atau zat dan kemudian saling digosokkan satu sama lain, maka sebagai akibatnya material dengan daya tarik yang kuat akan menarik material dengan daya tarik yang lemah. Hal ini kemudian menjadikan kedua benda tersebut memiliki muatan listrik dan salah satunya akan menarik benda lainnya menempel.

Untuk membuktikan teori ini, coba siapkan potongan kertas yang dicacah dalam ukuran kecil dan sebuah penggaris tipis yang lentur. Selanjutnya, gosokkan penggaris Anda pada rambut yang dalam keadaan kering. Setelah beberapa waktu, coba dekatkan penggaris dengan potongan kertas. Apa yang terjadi? Potongan kertas akan menempel pada penggaris. Penggaris dengan muatan energi yang lebih besar menarik kertas yang daya tariknya rendah. Selain pada kertas, jika Anda mendekatkan penggaris pada helaian rambut, maka penggaris tersebut juga akan menarik beberapa rambut Anda. Seperti itulah listrik statis bekerja.

Selain menyangkut soal muatan energi, pengertian listrik statis juga selalu melingkupi fenomena kelistrikan yang tidak bergerak (statis). Dengan demikian, dalam kajian listrik statis tidak disinggung mengenai aliran energi listrik atau aliran muatan listrik sebab ia memang tidak bergerak sehingga tidak memiliki arus. Kajian listrik statis justru lebih fokus membahas sejumlah fenomena serta interaksi antar muatan yang ditimbulkan oleh dua benda yang menyimpan listrik statis tersebut. Berbeda halnya jika kita mengurai segala hal yang berkaitan dengan listrik dinamis, maka arus listrik adalah materi pokok yang harus diperbincangkan.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie