Memahami Penyebab Sesak Nafas

Penyebab Sesak NafasSesak nafas merupakan kondisi dimana seseorang mengalami kesulitan untuk bernafas seperti layaknya orang normal. Dalam dunia medis, sesak nafas dikenal juga dengan istilah Dispnea. Gelaja dispena ini ditandai dengan penggunaan otot bantu saat bernafas, nafas yang pendek, serta frekuensi nafas yang bisa mencapai 24 kali dalam satu menit. Dispnea atau sesak nafas harus diberi perhatian penuh sebab sedikit saja kelalaian bisa berujung pada melayangnya nyawa seseorang. Sebelum lanjut pada pengobatan sesak nafas, penting kiranya untuk memahami penyebab sesak nafas itu sendiri.

Pemicu Sesak Nafas Serta Langkah Pengobatannya

Penyebab sesak nafas cukup beragam, antara lain :

  1. Asma. Jenis penyakit ini adalah yang paling banyak terjadi pada pasien dengan keluhan sesak nafas. Asma sendiri merupakan penyakit turunan, artinya jika orang tua memiliki riwayat asma, maka kemungkinan besar akan diwariskan pada anaknya. Sesak nafas pada penderita asma cukup khas karena ditandai dengan bunyi nafas yang disebut mengi atau wheezing. Pada beberapa penderita asma, dijumpai gejala seperti nyeri pada dada. Asma pada dasarnya tidak bisa diobati melainkan bisa dicegah. Di pasaran sudah ada banyak obat yang mengklaim bisa mengatasi serang asma yang cenderung tiba-tiba.
  2. Penyakit Paru Onstruktif Kronik atau biasa disingkat PPOK adalah jenis penyakit kelainan saluran pernafasan yang paling banyak dijumpai. Penyebabnya tak lain adalah radang paru-paru serta sifat irreversible yakni saluran udara yang tidak bisa kembali ke keadaan awal. Penderita penyakit ini biasanya adalah seorang perokok aktif denga usia lebih 40 tahun dan sering terkena debu maupun zat kimia dalam takaran berlebihan. Untuk mengobati penyakit ini, bagi perokok dianjurkan untuk berhenti merokok. Sedangkan bagi mereka yang bukan perokok, dianjurkan untuk mengkonsumsi obat pelega nafas atau bronkodilator, anri-radang, bahkan antibiotik jika ditemukan adanya infeksi.
  3. Penyebab sesak nafas lainnya adalah penyakit yang menyebabkan infeksi pada paru-paru. Peyakit ini bisa saja berupa TBC atau tuberculoses, flu babi, peneumonia serta serangan flu burung. Pengobatan terhadap penyakit ini bisa beragam dan tergantung pada tingkat keseriusan penyakit.
  4. Gagal jantung juga seringkali menjadi biang nafas sesak. Hal ini dikarenakan terjadinya penumpukan darah di paru-paru sebagai akibat terganggunya fungsi jantung untuk memompa darah. Saat darah menumpuk di pari-paru, terjadilah sesak nafas akibat tekanan pembulu darah di paru yang meningkat. Pengobatan terhadap gejala ini tergantung pada hasil diagnosa dokter. Tetapi secara umum, dokter biasanya akan menganjurkan penderita untuk mengkonsumsi obatan untuk mengurangi beban jantung.
  5. Sindrom Koroner akut. Untuk penyakit ini, gejala yang timbul adalah ketidaknyamanan pada dada serta kesulitan untuk melakukan aktifitas pernafasan. Penyakit ini sering ditemui pada mereka yang telah lanjut usia, perokok akut, penderita hipertensi, serta diabetes mellitus. Pengobatan yang bisa dilakukan pada jenis penyakit ini adalah dengan mengurangi kadar oksigen di jantung agar aliran darah semakin meningkat.
  6. Penyebab sesak nafas yang lain adalah GERD atau Gastro Esophageal Reflux Disease. Pada penyakit ini terdapat peningkatan asam lambung yang kemudian naik menuju esophagus atau kerongkongan. Proses naiknya asam lambung tersebut membuat penderitanya mengalami sesak nafas. Untuk mengobati penyakit ini, dianjurkan untuk berkonsultasi langsung ke dokter sebab obat maag saja tidak cukup.
  7. Penyebab sesak nafas lainnya adalah adanya gangguan metabolisme, anemia, penyakit paru-paru interstistial, rasa cemas dan serangan panic, hipertensi dan masih banyak lagi lainnya.

Kiat untuk mengatasi sesak nafas bisa dimulai dengan langkah sederhana seperti latihan pernafasan. Belajarlah bernafas dengan perut serta mulut sebab hal ini akan memperkuat diafragma Anda. Latihan pernafasan paling mudah sebenarnya adalah bersiul. Selain melatih pernafasan, Anda juga bisa meningkatkan ketahanan tubuh agar tehindar dari penyakit penyebab sesak nafas.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie