Membedah Manfaat Daun Jambu Air

Manfaat Daun Jambu AirJambu air merupakan salah satu jenis tumbuhan yang paling banyak ditanam di pekarangan rumah. Pohonnya, yang nyaris tak memerlukan perawatan khusus ini, bisa tumbuh sampai ketinggian 15 meter. Selain berfungsi untuk menghalau debu serta membantu penyerapan air, tanaman jambu air juga bisa menjadi apotik hidup bagi keluarga Anda. Sebagai tanaman berbuah tentu Anda akan fokus pada buah dari pohon jambu air ini. Tapi tahukah Anda bahwa selain buah, ternyata manfaat daun jambu biji  juga beragam.

Penyerap Panas Yang Baik

Selama ini kita mengenal jambu air sebagai buah dengan kandungan air yang cukup tinggi sehingga jika dikonsumsi akan mendinginkan dan menyegarkan tubuh. Namun beberapa riset ilmiah membuktikan bahwa tak hanya bagian buah yang bisa mendinginkan tubuh. Sebab daun jambu biji ternyata juga memiliki sifat menyerap panas yang cukup baik. Bahkan ada sebagian orang yang mendinginkan setrika dengan cara menempelkan helai daun jambu biji pada permukaan setrika. Dengan begitu, setrika akan kembali pada suhu yang normal. Hal ini menunjukkan sifat menyerap panas yang dimiliki daun jambu biji.

Mengusir Demam Dengan Daun

Dengan sifatnya yang menyerap panas, maka daun jambu air bisa digunakan untuk menghalau panas yang disebabkan demam. Caranya cukup mudah. Langkah pertama adalah rebus air sampai mencapai suhu yang hangat. Setelah itu tempatkan air di wadah. Selanjutnya ambil helai daun jambu biji kemudian remas-remas sampai menjadi lumatan yang kasar. Setelah itu masukkan remasan daun jambu air ke dalam wadah yang berisi air hangat. Langkah selanjutnya adalah celupkan kain kompres ke dalam campuran air hangat dan daun jambu biji kemudian letakan di kening. Niscaya dalam waktu singkat demam akan berangsur menghilang. Manfaat daun jambu biji sebagai penurun panas demam telah banyak dirasakan orang-orang. Jadi jangan ragu mencoba.

Daun Jambu Biji Dalam Dunia Kuliner

Selain baik untuk menurunkan demam, ternyata daun jambu air juga lazim digunakan dalam dunia kuliner khususnya dalam penganan tradisional. Leluhur kita telah jauh-jauh hari menggunakan daun jambu air sebagai pembungkus tape ketan. Mengingat daun jambu air cukup lebar dan mudah dibentuk, maka mungkin tak hanya untuk tape ketan saja, boleh jadi jenis makanan lain juga cocok jika dibungkus menggunakan daun jambu biji.

Manfaat daun jambu air memang beragam. Boleh jadi kelak para ilmuan akan mengumumkan kandungan nutrisi di dalamnya. Sebelum hal tersebut terjadi, ada baiknya Anda telah memiliki pohon jambu biji di pekarangan Anda sehingga buah dan daunnya bisa Anda ambil manfaatnya. Mudah ditanam, mudah dirawat dan tentu berkhasiat. Rasanya, adalah sebuah pilihan yang cerdas jika Anda menanam jambu biji air. Selamat berkebun.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie