Membedah Mesin Bubut Universal

Mesin Bubut UniversalMesin bubut atau yang biasa juga dinamai Lathe machine, merupakan suatu perkakas yang ditujukan untuk memotong benda (biasanya kayu atau besi) dengan cara diputar. Mesin bubut sering digunakan dalam industri kerajinan seperti terutama yang bahan bakunya kayu ataupun besi. Mesin bubut ini terbagi lagi ke dalam beberapa varian antara lain, mesin bubut universal, mesin bubut khusus, mesin bubut konvensional dan mesin bubut yang telah menggunakan teknologi komputer atau CNC

Membedah Bagian Mesin Bubut

Mesin yang berguna ini tersusun dari berbagai bagian antara lain meja, kepala tetap, poros spindle, cekal, eretan utama, eretan atas, eretan lintang, dudukan pahat, gigi transmisi dan bagian-bagian kecil lainnya. Secara spesifik, dalam mesin bubut khususnya pada bagian kepala tetap, terdapat roda-roda gigi transmisi yang berfungsi sebagai penukar putaran dan poros spindle. Lebih lanjut, poros spindle akan bekerja melalui cekal dengan memutar target kerja. Sumber untama tenaga untuk menggerakkan mesin bubut berasal pada bagian bernama pulley dengan sabuk motor yang menyatu dengannya.

Mekanisme Kerja Mesin Bubut

Mesin bubut yang terdiri dari meja dan kepala tetap dimulai dari poros spindle yang memutar target kerja melalui piringan pembawa sampai memutar roda gigi di poros spindle tadi. Dengan roda gigi yang terhubung, putaran yang dibuat akan tiba pada roda gigi di poros ulir. Kemudian oleh bagian bernama klem bergulir, putaran poros ulir akan dirubah ke dalam gerak translasi di eretan dan menjadi titik untuk memahat. Hasil akhirnya, target benda kerja akan mengalami sayatan menyerupai ulir.

Varian Mesin Bubut

Seperti telah disebutkan sebelumnya, bahwa mesin bubut terbagi atas empat jenis antara lain mesin bubut universal, mesin bubut khusus, mesin bubut konvensional, dan mesin bubut berteknologi komputer CNC. Keempat varian ini memiliki spesifikasi yang berbeda-beda satu sama lainnya. Namun, varian yang bayak berbeda dari jenis lainnya adalah mesin bubut berbasis komputer atau CNC (Computer Numerical Control). Mesin ini memiliki daya akurasi yang tinggi sebab operasionalnya telah menggunakan control komputer.

Untuk menunjang daya kerja mesin bubut CNC, alat ini dilengkapi dengan bagian-bagian seperti pisau untuk memahat, dudukan serta pegangan, motor listrik yang digunakan sebagai penggerak atau pemutar pahat, motor listrik jenis servo sebagai penggerak control pahat, software khusus serta control unit menggunakan prosesor komputer. Canggih!

 

Pembagian Mesin Bubut Lainnya

Selain dibagi ke dalam mesin bubut universal, konvensional dan lain-lain, mesin bubut juga ternyata diklasifikasikan ke dalam beberapa jenis berdasarkan kemampuan pengerjaannya. Pembagian tersebut antara lain :

  • Mesin Bubut Ringan yakni mesin dengan netuk kecil serta sederhana. Banyak digunakan untuk benda kerja berukuran kecil pula. Contoh mesin ini adalah Mesin Bubut Simonet.
  • Mesin Bubut Revolver yakni mesin yang diciptakan khusus untuk memproduksi benda kerja yang berukuran sama dan dalam jumlah yang banyak. Contoh mesin jenis ini adalah mesin bubut kapstan.
  • Mesni Bubut Sedang yaitu mesin bubut dengan konstruksi yang cermat serta dilengkapi dengan penggabungan perlengkapan khusus. Jenis mesin ini banyak digunakan untuk benda kerja dengan ketelitian tinggi.
  • Mesin Bubut Standar. Mesin jenis ini memiliki kekuatan yang lebih besar dan digunakan untuk mengerjakan pembubutan dimana diperlukan kehati-hatian serta detil kerja pada benda kerja. Contohnya adalah mesin Cholcester Master dan Kerry.
  • Yang terakhir adalah Mesin Bubut Beralas Panjang. Mesin ini dikategorikan sebagai mesin untuk industry berat dan benda kerjanya pun untuk material berat dan panjang.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie