Membuat Efek Pada Foto Dengan Shutter Speed

Dalam fotografi, memilih shutter speed yang akan digunakan dengan tepat adalah suatu kewajiban bagi seorang fotografer untuk efek dan hasil yang berkelas dalam fotografi. Berbagai macam efek dapat diperoleh dari penentuan shutter speed yang harus benar – benar diperhatikan. Dalam dunia fotografi, efek – efek yang muncul dalam pemilihan shutter speed adalah:

1.       Freezing

KONICA MINOLTA DIGITAL CAMERA

Dari nama tersebut telah jelas memiliki definisi yang mana objek tersebut akan tampak membeku ketika sedang bergerak. Sehingga gerak dari sebuah objek tersebut tampak sangat tajam. Efek freezing ini dapat diperoleh dari penggunaan shutter speed yang tinggi agar efek jepretan mampu mengimbangi gerak yang dilakukan oleh sebuah objek yang akan difoto. Biasanya para fotografer menggunakan shutter speed dengan kecepatan 1/1500 s.

2.       Panning

foto mobil bergerak

Efek yang timbul dari penggunaan shutter speed lainnya adalah panning. Yaitu efek yang mana objek fotografi akan terlihat dengan jelas, namun latar belakang dari objek tersebut dibuat blur. Dengan mensetting shutter speed pada kecepatan sedang hingga lambat, kita akan mendapatkan efek gambar yang seperti ini. Biasanya settingannya diubah menjadi 1/100 s atau dapat menggunakan yang lebih lambat.

3.       Motion Blur

Berbeda dengan efek panning, motion blur timbul karena gerakan sebagian objek dalam foto yang kita dokumentasikan. Dengan mengunci fokus pada satu objek diam, serta menggunakan shutter speed yang sedang hingga lambat atau sekitar 1/100 s atau lebih lambat, kita akan mendapatkan efek motion blur ini.

4.       Trace of Light

Efek ini timbul dan ditandai dengan adanya jejak gerakan cahaya pada foto yang dijepret. Dengan menggunakan shutter speed yang lambat atau sekitar 1 s bahkan lebih lambat, anda telah dapat membuat efek yang satu ini.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie