Memetik Beragam Manfaat Teh Hijau

Berdasarkan penelitian, teh merupakan minuman yang masuk ke dalam 5 besar yang terbanyak dikonsumsi manusia per tahunnya. Bahkan di beberapa wilayah seperti Korea dan Jepang, minum teh telah melebur menjadi bagian dari kebudayaan. Di Indonesia sendiri, meski belum menjadi bagian dari tradisi, namun tingkat konsumsi teh juga cukup tinggi. Apa yang menarik dari teh? Mengapa seluruh dunia seolah jatuh cinta pada minuman yang dinikmati dengan cara diseduh ini? Jawabannya boleh jadi beragam. Tapi yang pasti, selain menawarkan kenikmatan, teh juga membantu Anda menjaga kesehatan. Ada beberapa varian teh yang memang menguntungkan, salah satunya adalah Green Tea atau Teh Hijau. Konon kabarnya manfaat teh hijau ini telah membuat kaisar di Jepang menjadikan acara minum teh sebagai sebuah upacara sakral. Tak percaya? Simak uraian berikut ini.

 
Apa Itu Teh Hijau?

 
Dilansir dari berbagai sumber, teh hijau adalah jenis teh yang juga berasal dari tanaman teh biasa yakni Camelia Sinensis. Ia dipetik layaknya teh biasa dan dipanaskan agar tidak mengalami oksidasi dan menurunkan kandungan terbaik di dalamnya. Lantas apa yang istimewa? Tidak sama dengan jenis teh lainnya, teh hijau tidak mengalami fermentasi dan juga proses penguapan daunnya lebih singkat sehingga kandungan daun tehnya terjaga. Salah satu senyawa yang ditemukan mendominasi teh hijau ini adalah kaktein. Sebenranya semua jenis teh mengandung kaktein, hanya saja pada teh hijau ia ditemukan dalam jumlah yang lebih melimpah. Zat kaktein inilah yang kemudian menjadi sumber segala manfaat teh hijau bagi mereka yang mengkonsumsinya secara teratur. Apa saja manfaatnya?

 
Teh Hijau: Sahabat Terbaik Wanita!

 
Bagi wanita, tubuh ramping tentu idaman. Dan, teh hijau diketahui mampu memastikan tubuh Anda tetap langsing! Mengapa? Sebab kaktein di dalamnya mampu menghambat penyerapan lemak oleh usus, ia juga bisa meningkatkan pengeluaran energi tubuh Anda dengan memacu oksidasi lemak. Menurut para pakar, dengan perpaduan teh hijau di setiap pagi dan sore serta olahraga yang teratur, wanita akan tetap langsing sampai kapanpun.

 
Manfaat teh hijau lainnya adalah menurunkan kadar kolesterol di dalam darah, mencegah penyakit darah tinggi, menjauhkan penyakit berbahaya semacam stroke dan masih banyak lagi lainnya. Selain berguna bagi kesehatan, telah lama diketahui fakta bahwa teh hijau juga merupakan salah satu rahasia kecantikan wanita Jepang. Sebab, teh hijau juga kaya akan anti-oksidan yang mempu melindungi kulit Anda dari radikal bebas sehingga penuaan dini bisa dicegah. Jadi, tunggu apa lagi! Masukkan teh hijau dalam daftar minuman yang Anda konsumsi setiap hari ya. Anda bisa mendapatkan beragam jenis teh hijau yang tersedia di pasaran. Untuk kualitas terbaik, kabarnya teh hijau a la Jepang juaranya! Ada baeragam jenis teh hijau jepang ini antara lain Gykuro, Matcha, Sencha, Kabusecha, Bancha, Hojicha dan lain-lain. Pilih yang benar-benar sesuai dengan selera dan kemampuan Anda ya. Salam sehat!

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie