Memotret Saat Berkabut

Kabut adalah sesuatu yang sangat mengganggu para fotografer saat berupaya mendokumentasikan setiap hasil karya jepretannya. Kabut sangatlah mengurangi kualitas hasil jepretan foto yang sebelumnya telah direncanakan dengan matang. Dengan cuaca yang sedang berkabut, seorang fotografer selalu berupaya lebih agar fotografi yang semula telah direncanakan memperoleh hasil yang maksimal. Tetapi ada juga sisi keindahan fotografi saat turunnya kabut pada waktu pagi hari (baca juga tips memotret saat sunrise atau sunset). Dengan turunnya kabut tersebut dapat memberikan hasil fotografi yang terkesan misterius.

tips fotografi kabut

Tips fotografi saat berkabut

Perlu anda ketahui bahwa memotret pada saat kondisi objek diselimuti kabut sangatlah berbeda dengan memotret pada saat kondisi objek biasa – biasa saja. Sifat kabut yang memantul dapat memberikan tipuan pada lightmeter kamera sehingga dengan kondisi tersebut hasil jepretan pada kamera menjadi lebih gelap. Untuk mensiasati agar hasil jepretan kamera menjadi lebih baik, diperlukan trik khusus pada saat mendokumentasikan objek berkabut.

Trik tersebut salah satunya adalah jika anda mendokumentasikannya dengan mode kamera A/Av, P, atau S/Tv, maka anda wajib menggunakan kompensasi eksposure kira – kira +1 stop. Perlu kita ketahui bahwa kabut juga memiliki sifat yang mampu menyebarkan cahaya dan mampu menimbulkan efek yang sering disebut dengan istilah ROL (Ray of Light).

Selain itu teknik yang digunakan untuk memperindah hasil jepretan dapat dilakukan dengan teknik slow speed yang nantinya dapat mengubah tekstur kabut menjadi lebih mulus. Selain itu pada saat menggunakan shutter speed yang lambat, akan lebih baik jika menggunakan tripod untuk mengantisipasi efek kabur pada fotografi tersebut.

Share This Post

Related Articles

One Response to “Memotret Saat Berkabut”

  1. kalo kamera biasa gak bisa ya,
    harus pake SLR?

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie