Mengenal Berjuta Manfaat Lidah Buaya

Manfaat Lidah BuayaTanaman lidah buaya atau juga dikenal sebagai Aloe Vera telah digunakan di seluruh dunia untuk mengobati berbagai kondisi gangguan kesehatan selama berabad-abad. Lidah buaya merupakan tanaman yang habitat aslinya adalah gurun namun dapat tumbuh dengan mudah di dalam ruangan. Secara tradisional, manfaat tanaman lidah buaya dikenal karena kemampuannya untuk menenangkan luka bakar dan menyembuhkan luka dengan cepat.  Saat ini, produk lidah buaya sudah sangat beragam, mulai dari yang berbentuk gel, krim, kapsul dan berbentuk liquid atau cairan.

Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan

Lidah buaya telah lama digunakan untuk menenangkan kulit, membantu meringankan rasa sakit dan gatal-gatal yang berhubungan dengan luka bakar, lecet dan gigitan serangga. Lidah buaya mengandung sifat anti-bakteri dan anti-jamur, serta mengandung bahan yang mampu mendorong regenerasi sel kulit. Lidah buaya juga diketahui mengangung kolagen dalam jumlah yang sangat tinggi, sehingga sering kali tanaman ini digunakan sebagai bahan pelembab yang dipercaya mampu mencegah penuaan kulit.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa selain dioleskan di kulit, lidah buaya juga memiliki manfaat yang baik bagi organ dalam manusia apabila dikonsumsi secara teratur. Salah satu manfaat lidah buaya yang jarang diketahui adalah bertindak sebagai pencahar alami. Kandungan anti-bakteri dalam lidah buaya mampu membersihkan usus secara alami. Lidah buaya juga dipercaya mampu meningkatkan sirkulasi darah serta menguatkan tulang dan sendi.

The International Aloe Science Council telah menunjukkan bahwa lidah buaya dapat digunakan untuk mengurangi nyeri mulut dan bengkak setelah operasi mulut. Studi yang dilakukan oleh lembaga tersebut juga telah menyarankan penggunaan lidah buaya untuk mengurangi jumlah bakteri yang ditemukan di mulut pemakai gig itiruan.

Manfaat Lidah Buaya Untuk Menurunkan Berat Badan

Lidah buaya tinggi protein kolagen. Protein lebih sulit untuk dicerna dibandingkan zat lain, sehingga minum jus lidah buaya setiap hari memungkinkan tubuh untuk mengeluarkan lebih banyak energi selama proses pencernaan. Selain itu karena memiliki sifat pencahar alami, sari makanan akan melewati usus lebih cepat. Hal ini berarti tubuh memiliki sedikit waktu untuk menyerap makanan saat melewati saluran usus.

Lidah buaya juga memiliki sifat detoksifikasi dan dapat membantu menghilangkan logam berat dalam makanan, membantu metabolisme karbohidrat dan lemak di tubuh.

Peringatan Akan Efek Samping

Meskipun manfaat lidah buaya di klaim mampu menyembuhkan banyak penyakit karena mengandung zat anti-bakteri dan anti-jamur, ada sebagian orang yang memang tidak disarankan untuk mengkonsumsi lidah buaya.  Pada sebagian orang, lidah buaya diketahui menyebabkan reaksi alergi dengan gejala umum berupa rasa mual atau muntah. Efek samping ini memang sangat jarang terjadi dan konsumsi lidah buaya dianggap aman. Namun, apabila Anda tidak yakin dengan kondisi Anda, lebih baik berkonsultasilah terlebih dahulu dengan dokter sebelum memulai konsumsi suplemen atau jus lidah buaya secara rutin

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie