Mengenal Bunga Rosella Ungu

Bunga Rosella UnguRosella pada hakekatnya berasal dari Benua Afrika.  Pada mulanya tumbuhan ini hanya digunakan sebatas sebagai penghias halaman rumah. Namun seiring berjalannya waktu, rosella mulai juga dipergunakan sebagai tanaman yang banyak diolah menjadi bahan makanan. Di Afrika, kabarnya rosella biasanya dikonsumsi  sebagai  jeli atau selai. Ada juga beberapa daerah yang lebih sering menjadikannya minuman kesehatan dan dikemas menjadi teh celup rosella. Untuk wilayah Afrika sendiri, jenis bunga rosella yang banyak dikonsumsi adalah varian bunga rosella ungu.

Kandungan Bunga Rosella Ungu

Varian bunga rosella ungu kabarnya merupakan varian terbaik dari berbagai jenis warna bunga rosella lainnya. Hal ini dikarenakan kandungan berbagai vitamin (yakni C, A, D, B1 dan B2), magnesium, beta carotene, omega 3 serta sejumlah asam amino lebih tinggi dibandingkan varian lainnya. Sayangnya, rosella ungu ini susah untuk tumbuh dibandingkan varian bunga merah yang memang tumbuh dengan mudah. Perawatan rosella ungu juga cenderung rumit sebab tak bisa tumbuh berdampingan dengan tanaman lain apalagi rumput. Hal ini bertolak belakang dengan jenis rosella merah yang justru tumbuh optimal bersama rumput liar.

Meskipun terbilang susah dibudidayakan, namun saat ini bunga rosella ungu telah dikembangkan lebih modern dibandingkan jenis bunga rosella lainnya. Salah satu produsen obat herbal mengakui bahwa proses pengolahan produk rosella ungu mereka dijamin higienis sebab tidak dijemur melainkan dikeringkan menggunakan oven. Memang proses pengeringan bunga rosella menggunakan oven bisa menghindarkan bunga dari mikroba yang kurang menguntungkan.

Aman Bagi Penderita Maag

Tingkat kepekatan warna yang dimiliki oleh bunga rosella ungu memang jauh lebih tinggi dibandingkan warna lainnya. Oleh sebab itu kandungan zatnya disinyalir jauh lebih besar. Meskipun lebih pekat, namun uji klinis membuktikan bahwa justru bunga rosella ungu lebih bersahabat bagi penderita maag ketimbang varian bunga merah. Hal ini dikarenakan bunga rosella ungu jauh lebih manis jika dibandingkan dengan rosella merah yang asam. Jadi bagi Anda penderita maag, lebih bijak memilik produk rosella berwarna ungu.

Produk Herbal Rosella Ungu

Saat ini ada banyak produsen obat berbasis herbal yang menggunakan bunga rosella ungu sebagai bahan dasar. Misalnya saja produk teh celup rosella ungu milik Tazakka Group. Produk ini bisa Anda jumpai di berbagai toko herbal di seluruh wilayah Indonesia. Harga per kotak juga terjangkau, berkisar dari Rp. 20.000 sampai Rp.50.000.

Teh celup bunga rosella ungu memiliki khasiat yang sama baiknya dengan rosella olahan tradisional. Keunggulannya boleh jadi ada pada kepraktisan serta higienitas yang terjamin. Di samping keunggulan tersebut, teh celup bunga rosella ungu juga cenderung lebih hemat sebab bisa diseduh dua kali mengingat kepekatannya yang lebih tinggi. Produk teh celup ini bisa dikonsumsi hanya dengan beberapa langkah sederhana. Cukup seduh air panas, diamkan beberapa saat sampai diperoleh kepekatan warna yang diinginkan, tambahkan gula jika berkenan dan kemudian siap untuk dinikmati.

Share This Post

Recent Articles

One Response to “Mengenal Bunga Rosella Ungu”

  1. ahmad says:

    Bila ada yang membutuhkan rosella merah dan ungu silahkan menghubungi kami di 081335929777, kami berikan harga yang special buat anda semuanya

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie