Mengenal Fungsi Air Mata

fungsi air mataBagi kita yang seringkali menangis mungkin memang orang akan menilai kita sebagai orang yang cengeng ataupun kekanak-kanakan. Di beberapa kasus, menangis memang bisa menyebabkan munculnya berbagai masalah ringan seperti halnya hidung mampet serta wajah yang sedikit pucat, dan juga mata yang berubah menjadi merah serta sembab. Akan tetapi di balik menangis ternyata ada beberapa manfaatnya bagi kesehatan juga. Nah, taukah anda apakah fungsi air mata bagi kesehatan kita? Berikut ini beberapa fungsi air mata yang telah terbukti secara ilmiah :

1. Membunuh Bakteri

Dengan keluarnya air mata dari mata kita, maka kita tak lagi perlu membeli ataupun meneteskan obat tetes pada mata kita sebab air mata ini berkhasiat sebagai obat antibakteri yang alami. Kandungan berupa cairan di dalam air mata yang disebut juga sebagai lisozom sanggup membunuh sebanyak 90 sampai 95 persen bakteri yang ada di mata kita. Ampuhnya air mata ini bisa membasmi bakteri yang ada di dalam debu, kucekan tangan yang sudah terkontaminasi dari berbagai tempat mengandung bakteri bisa dibunuh hanya dalam waktu 5 menit saja.

2. Membantu Menjernihkan Pengelihatan dan Mata

Mata dan penglihatan kita bisa dijernihkan melalui air mata yang keluar dari mata kita. Cairan itu bisa membantu untuk mencegah adanya proses dehidrasi di membrane mata yang kadangkala ketika mata kita kering maka pandangan kita akan menjadi kabur dan tak bisa fokus.

3. Kepercayaan Diri Meningkat

Fungsi air mata yang berikutnya adalah seseorang bisa menurunkan level depresi yang tengah ia lami dengan lebih cepat hanya dengan menangis ini. Dengan demikian maka mood yang ia miliki yang pada mulanya drop dapat naik lebih cepat. Menangis diibaratkan sebagai emosi, sehingga bila seseorang menangis maka emosinya bisa teredam walaupun hanya sementara. Emosi memiliki kandungan sebanyak 24 persen protein albumin yang bermanfaat untuk meregulasi proses metabolisme tubuh ketimbang air meta yang dihasilkan oleh iritasi mata.

4. Mengeluarkan Racun

Seorang ahli biokimia yang bernama William Frey pernah melakukan sejumlah penelitian mengenai air mata. Di dalam penelitiannya tersebut dirinya mendapatkan bahwa air mata yang dikeluarkan ketika menangis disebabkan oleh emosional ternyata terdapat kandungan racun di dalamnya. Namun jangan salah mengartikan dahulu, yang dimaksud dengan racun di sini yaitu keluarnya air mata itu membawa racun yang terdapat di dalam tubuh kita dan dikeluarkan melalui mata kita.

5. Melegakan Stress

Fungsi air mata lainnya yaitu dipercaya bisa mengeluarkan hormone stress yang sudah lama menumpuk di tubuh seseorang. Hormone tersebut lebih kita kenal dengan sebutan hormone endorphin leucine-enkaphalin dan juga prolactin. Dengan mengeluarkana air mata alias menangi, paling tidak kita sudah membuat diri kita sendiri merasa lebih plong. Sebab cairan itu juga membantu kita untuk melawan berbagai penyakit yang dikarenakan oleh stress.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie