Mengenal Jambu Air Citra

Advertisements


Jambu Air CitraIndonesia yang diberkahi iklim tropis memang sudah lama dikenal sebagai surganya tanaman. Tanah yang cenderung subur membuat lahan di Negara kita ini mudah ditumbuhi beragam jenis tumbuhan. Salah satu kebanggan bangsa Indonesia adalah buah Jambu Air Citra. Buah tropis ini pertama kali ditemukan tumbuh di kawasan Anyer. Penemunya adalah seorang peneliti bernama bapak Moch. Reza Tirtawinata. Berkat usahanya, kini jambu air citra dikembangkan secara luas di seluruh kawasan Indonesia.

Jumbo Dan Manis

Apa yang membuat jambu air citra istimewa? Pertama, varietas yang masuk ke dalam kelompok jambu-jambuan atau Myrtaceae ini memiliki ukuran buah yang bisa dikatakan jumbo. Bahkan pada kondisi tertentu, ukuran tersebut bisa mendekati ukuran kaleng. Beratnya sekitar 200 gram sampai 350 gram. Ukuran ini cukup memukau mata sebab selama ini kita ketahui, ukuran normal kelompok jambu biji tidak mencapai angka sefantastis jambu air citra.

Selain berukuran raksasa, keunggulan varietas jambu air citra adalah rasanya yang manis dan segar. Jika biasanya kita menjumpai jambu air yang berukuran besar pasti kurang manis, maka hal sebaliknya terjadi pada jambu air citra. Besar, manis dan segar. Keunggulan ini menjadikan jambu air citra primadona baru sebagai buah tropis kaya air.

Kandungan Gizi Jambu Air Citra

Sama halnya dengan kelompok induknya yakni jambu air, varietas citra mengandung jumlah air mencapai 93% dari berat total. Air ini mengandung vitamin C juga A yang tentu baik bagi kesehatan. Berkat jumlah air yang melimpah ruah, jambu air citra memiliki manfaat untuk menyegarkan badan serta menurunkan suhu badan yang cenderung panas.

Jambu Air Citra di Thailand

Jambu air citra berbuah dua sampai tiga kali per tahunnya. Jika sedang musim, per pohon bisa menghasilkan kira-kira 50 kilogram buah. Buahnya yang manis, besar dan padat mengantarkan jenis jambu air citra sebagai salah satu varietas unggul kebanggan Negeri melalui Keputusan Menteri Pertanian No.1069/Kpts/Tp.240/12/97.

Meskipun telah dikukuhkan sebagai varietas unggul milik bangasa, namun kabarnya di Thailand, jambu air citra kini dikembangkan lebih serius daripada Indonesia. Di Negeri Gajah Putih tersebut, jambu air citra dikenal dengan nama Thongsamsi. Hal ini menjadi pukulan telak bagi bangsa kita yang memang terkesan lambat mengusahakan budidaya varietas ini. Dengan seriusnya Negara Thailand mengembangkan jambu air citra versi mereka, harusnya menjadi cambuk bagi pemerintah kita agar lebih serius mengembangkan potensi agronomi si raksasa yang manis ini.

Budidaya Rumahan Jambu Air Citra

Sembari menunggu itikad baik pemerintah untuk mengembangkan varietas unggul jambu air citra, tak ada salahnya bagi Anda yang memiliki lahan pekarangan yang luas untuk ikut membudidayakan tanaman yang satu ini. Kabarnya pohon jambu air citra mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Pohonnya menyukai kondisi tanah yang kaya akan air, sehingga bagi Anda yang berniat menanamnya, harus sering-sering menyiram pohon jambu yang satu ini. Jika tidak, maka boleh jadi Anda akan gagal menikmati buahnya yang segar. Sebab jika kekurangan air, pohon jambu citra akan menggugurkan bunya yang merupakan bakal buah.

Bibit jambu air citra bisa dibeli ti toko yang memang khusus menjual bibit atau di perkebunan yang memang menanam jambu citra. Harga per bibit bisa mencapai Rp.20.000. Namun jika Anda piawai menawar, harganya tentu bisa kurang. Selamat bercocok tanam.

Advertisements


Share This Post

Related Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close