Mengenal Manfaat Baking Soda

Advertisements


manfaat baking sodaBaking soda selama ini banyak digunakan sebagai bahan pengembang adonan kue serta roti. Dari segi tampilan, baking soda tampak serupa dengan butiran tepung. Hanya saja, butiran baking soda terasa lebih kesat di tangan. Saat ini, manfaat baking soda tak hanya sebagai bahan adonan. Banyak orang yang menggunakannya dalam hal lain seperti pemutih gigi, penghilang bau, mengusir jerawat, meredakan sakit perut, menghilangkan lemak pada alat masak dan masih banyak lagi lainnya.

  • Manfaat Baking Soda Sebagai Pemutih Gigi

Banyak orang yang memanfaatkan baking soda sebagai pembersih mulut dan gigi yang baik dan nyaris tanpa efek samping. Tahukah Anda bahwa produk pasta gigi di pasaran menggunakan senyawa sodium laurysulfate sebagai bahan pembersih utama. Bahan ini rentan tercemar penyebab kangker. Selain itu, pasta gigi juga mengandung deterjen yang tak baik jika ditelan. Baking soda bisa menggantikan kegunaan pasta gigi. Memang rasanya agak asin tetapi tak akan membuat Anda mual. Cara pemakaiannya cukup sederhana. Bubuhkan bubuk baking soda pada sikat gigi Anda dan gosoklah gigi seperti biasanya.

  • Manfaat Baking Soda Sebagai Penghilang Bau

Manfaat baking soda lainnya adalah menghilangkan bau tak sedap. Ibu rumah tangga banyak penggunakannya untuk menghilangkan bau tak sedap dalam kulkas. Caranya cukup sederhana. Taruhlah bubuk baking soda dalam wadah dan letakkan dalam kulkas Anda. Niscaya bau akan lenyap. Baking soda juga bermanfaat menghilangkan bau badan. Caranya, campurkan kira-kira 4 sendok makan baking soda dengan tetesan minyak essence lalu balurkan pada ketiak. Gunakan kuas agar lebih rapi. Baking soda juga bisa untuk mengusir bau di tempat sampah. Cukup taburkan di sekitar sumber baud an dalam beberapa waktu, bau akan hilang. Silahkan dibuktikan!

  • Manfaat Baking Soda Untuk Kecantikan

Manfaat baking soda yang tak kalah menariknya adalah mengusir jerawat serta meregenerasi kulit mati. Untuk jerawat, buat adonan serupa pasta dari bubuk baking soda dan campuran air secukuonya. Kemudian oleskan pada jerawat. Dalam beberapa saat, jerawat Anda akan mongering. Resep ini cukup berhasil melawan jerawat yang tak parah. Namun, jika jerawat Anda parah, segeralah ke dokter kulit.  Resep lainnya untuk menghilangkan kulit mati adalah dengan mencampurkan satu sendok teh bubuk baking soda dengan air secukupnya. Campur adonan sampai menyerupai pasta layaknya sabun pencuci muka. Selanjutnya, gosokkan pada wajah Anda sama seperti waktu Anda menggunakan sambun cuci muka. Setelah itu aplikasikanlah  pelembab yang biasa Anda pakai.

  • Manfaat Baking Soda Sebagai Bahan Pembersih

Manfaat lain baking soda adalah sebagai pembersih yang baik. Baking soda bisa digunakan sebagai pengganti shampoo. Hasilnya, rambut Anda akan bersih layaknya menggunakan shampoo. Untuk membuat adonan pembersih rambut dari baking soda, cukup ambil segelas air yang hangat kemudian tambahkan satu sendok makan baking soda. Kemudian gunakan larutan ini untuk mencuci rambut.

Selain sebagai pengganti shampoo, baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan perangkat memasak Anda dari serbuan lemak. Cukup gunakan larutan kental bubuk baking soda dan aplikasikan pada panci atau wajan dengan menggunakan spons gosok. Niscaya, lemak tersebut akan lenyap. Sebagai pembersih, manfaat baking soda juga baik untuk menghilangkan jejak butiran hujan di kaca mobil Anda. Cukup larutkan di air dan sapukan bersih pada area target yang hendak dibersihkan. Tak hanya sampai di situ, baking soda juga bisa untuk membersihkan kotoran di sisir rambut Anda loh! Resepnya, campurkan bubuk baking soda dengan air hangat lalu rendam sisir Anda kira-kira sampai 15 menit. Voila, sisr Anda bersih kembali! Selamat mecoba.

Advertisements


Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2014 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie
Yang Perlu Anda Ketahui.. ^^close