Mengenal Manfaat Teh Celup Rosella yang Menyehatkan

Teh Celup RosellaRosella merupakan tumbuhan bernama latin Hibiscus Sabdariffa L. Jenis tumbuhan ini banyak dilirik produsen obat herbal karena memiliki sejuta khasiat bagi kesehatan. Saat ini rosella telah dikembangkan dalam skala besar. Tidak hanya dalam konteks budidaya, inovasi penyajian rosella juga terus tumbuh. Salah satu produk herbal rosella yang laris di pasaran adalah jenis teh celup rosella. Praktis dan tinggal seduh merupakan faktor utama produk ini diminati. Sudah pernah mencoba?

Sudah bukan rahasia lagi bahwa rosella menyimpan banyak manfaat di setiap pucuk bunganya. Rosella pada hakekatnya memiliki sekurang-kurangnya tiga varian bunga. Ada yang berwarna merah (paling banyak dikembangkan), ada pula yang cenderung berwarna ungu, dan  yang terakhir yakni bunga rosella berwarna putih.  Secara umum berbagai varian ini mengandung senyawa yang kurang lebih sama.

Bunga Yang Kaya

Berdasarkan catatan para peneliti, bunga rosella mengandung sekitar 260 sampai 280 mg vitamin yang merupakan kombinasi dari vitamin C, D, B1, A serta B2. Hitungan tersebut merupakan presentasi per 100 gram. Selain kaya akan vitamin, bunga rosella juga mengandung kalsium, omega 3, potassium, beta carotene, serta asam esensial yang lengkap. Kandungan yang beragam inilah yang membuat rosella ampuh melawan berbagai penyakit.

Teh Celup Rosella

Melihat kandungan bunga rosella yang kaya, tidak heran jika banyak orang yang mengkonsumsinya sebagai obat. Nenek moyang kita sendiri diketahui telah jauh-jauh hari menggunakan tanaman ini sebagai minuman kesehatan. Sebelum dikonsumsi, bunga rosella yang telah dipetik harus dikeringkan di bawah terik sinar matahari terlebih dahulu. Proses pengeringan ini sendiri bisa memakan waktu sekitar 2 sampai 3 hari. Untuk beberapa kondisi, sebelum memasuki tahap pengeringan, bunga rosella biasanya dipisahkan dengan biji bunganya. Setelah semua proses ini selesai, barulah bunga rosella bisa dinikmati dengan cara diseduh air panas.

Bagi sebagian orang, proses pengolahan bunga rosella menjadi minuman kesehatan cukup rumit dan memakan waktu. Pada titik inilah produsen obat herbal melihat peluang untuk menciptakan produk teh celup rosella. Produk ini digemari banyak kalangan sebab tentu tak perlu lagi memetik, memisahkan biji dan menuggu berhari-hari sampai rosella Anda kering dan siap untuk dikonsumsi. Dengan membeli teh celup rosella, Anda bisa langsung meyeduh dengan air panas layaknya teh biasa.

Manfaat Di Setiap Seduhan

Selain unggul dalam segi kepraktisan, produk teh ini juga memiliki manfaat sama seperti olahan rosella tradisional. Kandungannya nyaris tak berkurang dengan adanya proses pengolahan menjadi bubuk teh. Adapun manfaat yang bisa diperoleh dari seduhan teh celup rosella antara lain meningkatkan stamina serta daya tahan tubuh, mengurangi dampak negatif nikotin bagi para perokok, dan membantu proses pemulihan para pecandu narkoba. Istimewanya lagi, rosella juga bisa berperan positif dalam tumbuh kembang anak-anak sebab memiliki kandungan omega 3.

Selain manfaat memelihara kesehatan, rosella juga ternyata ampuh mengobati penyakit semacam tekanan darah, asam urat, kolesterol jahat, diabetes, batuk, sariawan, migrain dan masih banyak lagi lainnya. Bagi mereka yang ingin menurunkan bobot tubuh, bisa juga mengkonsumsi seduhan teh celup rosella dua kali sehari.  Selamat mencoba.

Share This Post

Recent Articles

Leave a Reply

© 2016 Perlu Tahu. All rights reserved. Site Admin · Entries RSS · Comments RSS
Powered by WordPress · Designed by Theme Junkie